KADAR IMMUNOGLOBULIN A DAN LEVEL Streptococcus mutans PADA IBU HAMIL TRIMESTER KETIGA

Rizki Amalia, 021618046304 (2018) KADAR IMMUNOGLOBULIN A DAN LEVEL Streptococcus mutans PADA IBU HAMIL TRIMESTER KETIGA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDGS.PGA. 06-19 Ama k Abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.PGA. 06-19 Ama k.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Perubahan hormonal selama kehamilan cenderung meningkatkan kejadian karies gigi. sIgA adalah lini pertama pertahanan host melawan pathogen yang menyerang permukaan mukosa. Beberapa penelitian menunjukkan kadar sIgA yang tinggi dalam aktivitas karies yang rendah. Di sisi lain, menunjukkan kadar sIgA yang tinggi dengan peningkatan aktivitas karies; penelitian lain tidak mengamati hubungan antara sIgA dan karies gigi dan hanya sedikit penelitian yang fokus pada pengungkapan peran sIgA pada status karies gigi pada ibu hamil. Tujuan. Ingin meneliti kadar sIgA, level Streptococcus mutans dan indeks DMFT pada ibu hamil trimester ketiga. Metode. Sampel yang digunakan adalah 7 orang pada masing-masing kelompok. Sampel dipilih sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Pengambilan saliva dilakukan setelah pemeriksaan gigi pada pagi hari (09.00-11.00 pagi). Kadar sIgA diukur menggunakan ELISA kit dan dilakukan penghitungan koloni bakteri untuk melihat level Streptococcus mutans. Hasil. Didapatkan indeks DMFT yang lebih tinggi pada ibu hamil, kadar sIgA yang lebih tinggi pada ibu tidak hamil, level Streptococcus mutans lebih tinggi pada ibu hamil dan lebih rendah pada ibu tidak hamil dengan nilai rata-rata masing-masing 2.500 dan 1.6000. Kesimpulan. Pada ibu hamil cenderung menunjukkan indeks karies yang tinggi dan level Streptococcus mutans yang meningkat dengan kadar sIgA yang menurun. Pada ibu tidak hamil cenderung menunjukkan indeks karies yang rendah dan level Streptococcus mutans yang menurun dengan kadar sIgA yang meningkat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PGA. 06-19 Ama k
Uncontrolled Keywords: Ibu hamil, sIgA, karies
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Ilmu Kedokteran Gigi Anak (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Rizki Amalia, 021618046304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrawati Nuraini, drg., M. Kes., Sp. KGA(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorUdijanto Tedjosasongko, drg., Ph.D., Sp. KGA (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Jun 2019 08:57
Last Modified: 14 Jun 2019 08:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83189
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item