IDENTIFIKASI STREPTOCOCCUS MUTANS PADA IBU HAMIL TRIMESTER KETIGA DENGAN METODE MATRIX ASSISTED LASER DESORPTION IONIZATION – TIME OF FLIGHT MASS SPECTROMETRY (MALDI-TOF MS)

Putu Harlia Ernestine Harta, 021618046309 (2018) IDENTIFIKASI STREPTOCOCCUS MUTANS PADA IBU HAMIL TRIMESTER KETIGA DENGAN METODE MATRIX ASSISTED LASER DESORPTION IONIZATION – TIME OF FLIGHT MASS SPECTROMETRY (MALDI-TOF MS). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDGS.PGA. 09-19 Har i Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.PGA. 09-19 Har i.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Salah satu permasalahan gigi dan mulut yang sering terjadi pada masyarakat adalah karies. Tingginya angka karies anak di Indonesia, kemungkinan disebabkan oleh inisial akuisisi bakteri penyebab karies pada usia yang sangat dini. Streptococcus mutans dianggap sebagai bakteri paling kariogenik daripada jenis oral streptococci lainnya. Melihat tingginya angka karies pada anak-anak maka perlu dilakukan upaya pencegahan dengan melakukan perawatan prenatal yaitu saat masa pembentukan benih gigi ketika masih dalam kandungan. Diharapkan dengan mengontrol keadaan rongga mulut ibu hamil dapat menurunkan angka karies pada anak mereka kelak, sehingga bisa terwujudkan Indonesia bebas karies gigi di tahun 2030. Tujuan: Pada penelitian ini kami melihat jenis strain Streptococcus mutans yang terdapat pada plak ibu hamil dan ibu tidak hamil. Metode: Subjek pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok pertama adalah 13 ibu hamil dengan usia 23-36 tahun yang tidak memiliki penyakit sistemik, tidak konsumsi obat-obatan dan sedang dalam usia kehamilan trimester ketiga. Kelompok kedua terdiri dari 10 ibu tidak hamil dengan kriteria yang sama serta memiliki siklus menstruasi yang teratur. Dilakukan pemeriksaan DMF-T dan pengambilan plak pada kedua kelompok, kemudian dilakukan tahap kultur bakteri dari plak tersebut, serta dilakukan deteksi jenis strain dan bakteri dengan metode Matrix Assisted Laser Desorption Ionization – Time Of Flight Mass Spectrometry (MALDI-TOF MS). Hasil: Pada penelitian ini terdeteksi beberapa strain S.mutans antara lain S.mutans UA159, S.mutans 4SM1, S.mutans 3SN1, S.mutans 11a1, S.mutans U138, dan S.mutans ATCC25175 pada kelompok ibu hamil dan ibu tidak hamil. Kesimpulan. Identifikasi strain Streptococcus mutans pada ibu hamil dan ibu dengan pendekatan MALDI-TOF MS terdeteksi 6 strain Streptococcus mutanzs.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PGA. 09-19 Har i
Uncontrolled Keywords: Karies, Ibu hamil, MALDI-TOF MS
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Ilmu Kedokteran Gigi Anak (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Putu Harlia Ernestine Harta, 021618046309UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUdijanto Tedjosasongko, drg., Ph.D.,Sp.KGA(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorArdianti Maartrina Dewi, M.Kes., Sp.KGAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Jun 2019 09:11
Last Modified: 14 Jun 2019 09:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83195
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item