PERBEDAAN PENGARUH PEMBERIAN ANESTESI INTRAVENA DENGAN INHALASI TERHADAP KOMPLIANS PARU PASIEN PEDIATRI YANG MENJALANI OPERASI DENGAN TATALAKSANA ANESTESI UMUM DENGAN VENTILASI MEKANIK

Hanif, NIM011328066304 (2019) PERBEDAAN PENGARUH PEMBERIAN ANESTESI INTRAVENA DENGAN INHALASI TERHADAP KOMPLIANS PARU PASIEN PEDIATRI YANG MENJALANI OPERASI DENGAN TATALAKSANA ANESTESI UMUM DENGAN VENTILASI MEKANIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.AT. 02-19 Han p Abstrak.pdf

Download (170kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

7.1 Kesimpulan Hipotesis awal penelitian ini yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan obat intravena propofol dengan inhalasi sevoflurane terhadap komplians paru pasien pediatri saat dilakukan induksi tidak terbukti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai komplians paru akan meningkat sesuai dengan pertambahan usia dan peningkatan berat badan. Tidak ada perbedaan nilai komplians antara pasien laki-laki dengan perempuan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan obat inhalasi sevoflurane sebesar 6 vol% menyebabkan penurunan MAP secara bermakna setelah induksi, sedangkan penggunaan propofol dosis 2 mg/kgBB tidak menyebabkan hal tersebut. 7.2 Saran Dimasa yang akan datang dapat dilakukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan obat anestesi terhadap komplians paru selama jalannya tindakan operasi dan pembiusan, tidak hanya pada saat proses induksi sebagaimana dalam penelitian ini. Selain itu dapat juga diteliti pengaruh penggunaan obat lain seperti pelumpuh otot dan pengaruh posisi pasien terhadap komplians paru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.AT. 02-19 Han p (TLP)
Uncontrolled Keywords: Anestesi Intravena, Inhalasi, Komplians Paru, Pediatri, Ventilasi Mekanik
Subjects: R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Hanif, NIM011328066304NIM011328066304
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorElizeus Hanindito, Dr., dr., SpAn KIC KAP,UNSPECIFIED
ContributorArie Utariani, Dr., dr., SpAn., KAPUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Jun 2019 09:34
Last Modified: 14 Jun 2019 09:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83202
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item