MEMBANDINGKAN KLASIFIKASI CLAVIEN DINDO DAN KLASIFIKASI ACCORDION DALAM HUBUNGAN DENGAN NUTRISI, KUALITAS HIDUP DAN LAMA RAWAT PADA PASIEN COMPLICATED INTRAABDOMINAL INFECTION (CIAI) Di RSUD DR SOETOMO SURABAYA Penelitian Prospektif Observasional

Rossy Heriancy, NIM011318076307 (2019) MEMBANDINGKAN KLASIFIKASI CLAVIEN DINDO DAN KLASIFIKASI ACCORDION DALAM HUBUNGAN DENGAN NUTRISI, KUALITAS HIDUP DAN LAMA RAWAT PADA PASIEN COMPLICATED INTRAABDOMINAL INFECTION (CIAI) Di RSUD DR SOETOMO SURABAYA Penelitian Prospektif Observasional. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.IB. 07-19 Her m Abstrak.pdf

Download (125kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDS.IB. 07-19 Her m.pdf
Restricted to Registered users only until 18 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

LATAR BELAKANG: Infeksi intra abdomen (intraabdominal infection atau IAI) merupakan komplikasi dari proses yang melibatkan peradangan dan perforasi saluran cerna yang dapat berkembang menjadi complicated intraabdominal infection (cIAI). Dalam penilaian beratnya komplikasi paska operasi dapat digunakan klasifikasi Clavien-Dindo maupun modifikasinya, yaitu klasifikasi Accordion. Keberhasilan dari tindakan bedah bukan hanya sekedar dinilai dari berhasil tidaknya operasi namun juga harus dinilai pengaruhnya terhadap kualitas hidup serta kondisi pasien setelah sembuh, seperti halnya status nutrisi pasien. METODE: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain penelitian secara cross sectional pada 38 pasien dengan cIAI paska operasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling pada pasien dengan kasus cIAI pasca operasi emergensi berusia lebih besar atau sama dengan 15 tahun yang dirawat di RSUD dr.Soetomo. HASIL: Dari perbandingan antara klasifikasi Clavien Dindo dan Accordion terhadap status nutrisi didapatkan p=0,024 untuk Clavien Dindo dan p=1,000 untuk Accordion; terhadap lama perawatan didapatkan p=0,502 untuk Clavien Dindo dan p=0,008 untuk Accordion; dan terhadap kualitas hidup pasien didapatkan p=0,031 untuk Clavien Dindo dan p=0,999 untuk Accordion. Dari perbandingan kedua klasifikasi komplikasi pasca operasi ini menunjukkan bahwa klasifikasi Clavien Dindo memiliki hubungan yang lebih signifikan terhadap status nutrisi dan kualitas hidup pasien dibandingkan dengan klasifikasi Accordion. Sedangkan hubungan yang lebih signifikan terhadap lama rawat didapatkan pada klasifikasi Accordion dibandingkan Clavien Dindo. KESIMPULAN: Klasifikasi Clavien Dindo memiliki hubungan yang lebih signifikan terhadap evaluasi outcome pasien berupa status nutrisi dan kualitas hidup pasien (patient-based) paska operasi dibandingkan dengan klasifikasi Accordion, namun klasifikasi Accordion memiliki hubungan yang lebih baik untuk menggambarkan evaluasi kinerja RS yang berkaitan dengan lama perawatan (hospital-based) dibandingkan dengan Clavien Dindo.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IB. 07-19 Her m
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi Clavien Dindo, Accordion, kualitas hidup, status nutrisi
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rossy Heriancy, NIM011318076307NIM011318076307
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTomy Lesmana, dr., SpB(K)BDUNSPECIFIED
ContributorMaryono Dwi Wibowo, Dr., dr., SpB(K)KLUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:22
Last Modified: 18 Jun 2019 06:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83308
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item