HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU RECYCLING PADA MASYARAKAT GEN Y DI DUSUN TRAWAS DESA TRAWAS KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO

ABDUL SYUKUR DZIKIRULLOH, 111411131137 (2019) HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU RECYCLING PADA MASYARAKAT GEN Y DI DUSUN TRAWAS DESA TRAWAS KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Psi. 113-19 Dzi h Abstrak.pdf

Download (21kB)
[img] Text (Fulltext)
Psi. 113-19 Dzi h.pdf
Restricted to Registered users only until 18 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap lingkungan dengan pemunculan perilaku recyclig pada masyarakat generasi Y di Dusun Trawas, Desa Trawas, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai sampah yang sudah meresahkan masyarakat di sana. Samapah organik dan anorganik yang dibuang ke sungai sehingga mencemari lingkungan khususnya sungai, membakar sampah kering, dan menyumbat aliran air sawah. Dari segi lintas generasi, generasi Y seharusnya memiliki tingkat kepekaan terhadap lingkungan, memiliki peranan penting dalam lingkungan terkait dengan masalah sampah tersebut. Generasi Y juga dituntut untuk kreatif dalam menghadapi permasalahan khususnya dalam pengelolaan sampah atau disebut dengan daur ulang atau recycling. Penelitian ini dilakukan pada 173 orang responden yang dalam penelitian ini memiliki kriteria usia antara 18 tahun hingga 30 tahun dengan rentan tahun kelahiran 1980 hingga 1998. Data dikumpulkan melalui metode survei dengan menggunakan kuesioner online. Adapun alat ukur yang digunakan dalam mengukur sikap lingkungan adalah 15 aitem skala New Ecological Paradigm dan 12 aitem skala adaptasi dari GEBS. Analisis data dilakukan dengan metode spearman rank dengan nilai r = 0,041 dengan sig. =0,58. Berdasarakan hasil analisis terhadap hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap lingkungan tidak memiliki hubungan dengan perilaku recycling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 113-19 Dzi h
Uncontrolled Keywords: Sikap Lingkungan, Perilaku Recycling, Perilaku Prolingkungan, Gen Y.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ABDUL SYUKUR DZIKIRULLOH, 111411131137UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorListyati Setyo Palupi, S.Psi., M.Dev.PractUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Jun 2019 08:11
Last Modified: 18 Jun 2019 08:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83321
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item