TEKNIK PENGOLAHAN LIMBAH MINYAK DENGAN METODE ROTATING BIOLOGICAL CONTACTOR DI PT. PERTAMINA PERSERO RU IV KABUPATEN CILACAP, PROPINSI JAWA TENGAH

ZURICA MELATI FITRI RAMADHANI, 060710022 P (2011) TEKNIK PENGOLAHAN LIMBAH MINYAK DENGAN METODE ROTATING BIOLOGICAL CONTACTOR DI PT. PERTAMINA PERSERO RU IV KABUPATEN CILACAP, PROPINSI JAWA TENGAH. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_ZURICA MELATI FITRI RAMADHANI.pdf

Download (154kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_ZURICA MELATI FITRI RAMADHANI.pdf
Restricted to Registered users only until 19 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencemaran lingkungan oleh tumpahan minyak kapal bukan hal baru di Indonesia. Sekitar 6 juta metrik ton minyak setiap tahun mencemari lautan (Ingmanson and Wallace, 1985). Penyebabnya secara umum adalah transportasi minyak, pengeboran minyak lepas pantai, pengilangan minyak dan pemakaian bahan bakar produk minyak bumi. Laut yang tercemar oleh tumpahan minyak akan membawa pengaruh negatif bagi berbagai organisme laut. Pencemaran air laut oleh minyak juga berdampak terhadap beberapa jenis burung. Air yang bercampur minyak itu juga akan mengganggu organisme aquatik pantai, seperti berbagai jenis ikan, terumbu karang, hutan mangrove dan rusaknya wisata pantai. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman, ketrampilan, dan untuk mengetahui Teknik Pengolahan Limbah dengan Menggunakan Metode Rotating Biological Contractor pada PT. Pertamina Persero RU IV, Cilacap, Jawa Tengah. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juli sampai dengan 31 Agustus 2010. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, partisipasi aktif, wawancara dan studi literatur.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: TEKNIK PENGOLAHAN LIMBAH MINYAK, ROTATING BIOLOGICAL CONTACTOR
Subjects: R Medicine > RB Pathology > RB37-56.5 Clinical pathology. Laboratory technique
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
ZURICA MELATI FITRI RAMADHANI, 060710022 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Suprapto, Prof. Dr. Ir., M.Agr.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Jun 2019 09:11
Last Modified: 19 Jun 2019 09:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83402
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item