AKUNTABILITAS DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN FISIK DESA (Studi Kasus di Desa Pangkatrejo, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan Tahun Anggaran 2018)

RIZKI PUTRI UTAMI, 041511333148 (2019) AKUNTABILITAS DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN FISIK DESA (Studi Kasus di Desa Pangkatrejo, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan Tahun Anggaran 2018). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text (fulltext)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah Indonesia mengeluarkan Undang-undang nomor 6/2014 tentang desa dengan tujuan meningkatkan kemandirian desa dalam rangka mengelola sumber daya yang dimiliki desa. Termasuk di dalamnya, Dana Desa. Pemberian dana desa yang begitu besar tentunya menuntut adanya tanggung jawab yang besar pula oleh pemerintah desa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui Akuntabilitas Pengelolaan dana desa untuk pembangunan fisik di Desa Pangkatrejo pada tahun anggaran 2018 beserta pengawasan dari pihak terkait. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus sehingga mampu memberikan gambaran akuntabilitas pengelolaan keuangan Desa Pangkatrejo secara mendalam. Hasil dari penelitian ini yaitu pengelolaan dana desa untuk pembangunan fisik cukup baik. Namun, masih ada masalah terkait akuntabilitas pengelolaan dana itu sendiri. Tahap perencanaan dan pelaksanaan sudah baik, namun dari segi penatausahaan masih terjadi monopoli oleh sekretaris desa. Untuk pertanggungjawaban dan pelaporan, Pemerintah Desa hanya fokus terhadap akuntabilitas secara vertikal dan mengabaikan akuntabilitas secara horizontal. Dari segi pengawasan, BPKP jawa timur terus berupaya dalam mengawal dana desa baik melalui pembuatan sistem keuangan, pembinaan dan terus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 159/19 Uta a
Uncontrolled Keywords: Accountability, Dana Desa, village financial management, supervision, supervision of village fund
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI PUTRI UTAMI, 041511333148UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZaenal Fanani, Dr., S.E. MSA., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:17
Last Modified: 21 Jun 2019 07:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83488
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item