LITERASI INFORMASI PADA ANGGOTA KOMUNITAS INFOGRESIK

ADI HIDAYAT TULLOH, 071411633028 (2019) LITERASI INFORMASI PADA ANGGOTA KOMUNITAS INFOGRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.25 19 Tul l.pdf

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.25 19 Tul l.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.25 19 Tul l.pdf

Download (288kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini untuk melihat gambaran kemampuan literasi informasi anggota komunitas infogresik. Literasi informasi tidak hanya terkait dengan membaca, menulis dan menghitung saja akan tetapi berkaitan dengan cara mendapatkan informasi, mengevaluasi, mengorganisir dan menggunakan informasi tersebut, sehinggga literasi informasi tidak hanya sekedar pengetahuan dan keterampilan saja tetapi dalam kehidupan sehari-hari setiap individu khususnya dalam mengatasi permasalahan yang dialaminya. Metode pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan teori dari Allan Bunday(2004) dengan 11 hal kriteria orang dikatakan literate. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa sebagai berikut: (a). Mengetahui kebutuhan informasi dengan persentase 16.9% informasi wisata. (b). Meningkatkan tingkat kebutuhan informasi dengan persentase 30%. (c). Mengakses informasi secara efisein dengan internet 39%. (d). Mengevaluasi informasi dan sumbernya secara kritis dengan melakukan pengecekan validasi 41%. (f).Mengklasifikasikan, menyimpan, menggunakan, menyusun ulang informasi yang terkumpul serta menghasilkan informasi baru dengan persentase 30.8% (g). Menggabungkan seluruh informasi terpilih kedalam pangakalan pengetahuan (h). Menggunakan informasi untuk belajar secara efektif, menciptakan pengetahuan baru, menyelesaikan permasalahan, dan untuk mengambil keputusan dengan persentase 65%. (i).Memahami permasalahan ekonomi, hokum, sosial, politik, dan budaya dalam menggunakan informasi dengan persentase 65%. (j).Mengakses dan menggunakan informasi seara etis dan legal mencari kebenaran lebih mendalam dengan persentase 37%. (k).Menggunakan informasi dan pengetahuan partisipasi kewarganegaraan dan tanggung jawab sosial dengan persentase 42%.(l).Pengalaman literasi sebagai bagian dari kemandirian belajar dan pembelajaran seumur hidup dengan persentase 34%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.25/19 Tul l
Uncontrolled Keywords: Informasi, Literasi Informasi, Anggota Komunitas
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
ADI HIDAYAT TULLOH, 071411633028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Soesantari, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jun 2019 07:44
Last Modified: 24 Jun 2019 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83591
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item