KONSTRUKSI SOSIAL SUAMI TKW TENTANG PENDIDIKAN ANAK (Studi Deskriptif Pada Suami Tenaga Kerja Wanita (TKW) Tentang Pendidikan Anak Dalam Keluarga di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri)

PURWANTO, 071211431099 (2018) KONSTRUKSI SOSIAL SUAMI TKW TENTANG PENDIDIKAN ANAK (Studi Deskriptif Pada Suami Tenaga Kerja Wanita (TKW) Tentang Pendidikan Anak Dalam Keluarga di Desa Deyeng Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.14 19 Pur k.pdf

Download (180kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.14 19 Pur k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.14 19 Pur k.pdf

Download (137kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelaksanaan pendidikan anak dalam keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) sedikit berbeda dengan keluarga non-migran pada umumnya. Dimana proses pendidikan anak dalam keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) sepenuhnya akan digantikan oleh suami karena keterlibatan istri di dalam keluarga bekerja keluar negeri. Umumnya anak TKI yang tumbuh dan berkembang tanpa orang tua lengkap dalam keluarga akan cenderung mengalami permasalahan dalam perkembangannya baik penelantaran pengasuhan, pendidikan dan kesehatan anak. Teori yang digunakan untuk menganalisis pendidikan anak di dalam keluarga TKW yang dijalankan oleh suami menggunakan teori konstruksi sosial Peter L Berger. Adapun tipe penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di desa Deyeng kecamatan Ringinrejo kabupaten Kediri karena terdapat masyarakatnya yang bekerja menjadi TKI keluar negeri. Kemudian, metode pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara mendalam (Indept Interiew) dengan informan penelitian, menggunakan teknik Purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, Suami memahami pendidikan anak sebagai tanggung jawab bersama, namun lebih utama bagi istri karena adanya perbedaan kemampuan proses dalam mendidik anak diantara keduanya, yaitu istri cenderung lebih memiliki kedekatan secara emosional, telaten, dan sabar dalam mendidik anak. Berbeda dengan suami yang lebih cenderung emosional dan tidak sabaran. kedua, Proses pendidikan anak oleh suami di dalam keluarga selama istri menjadi TKW keluar negeri yaitu mengajari anak membaca, menulis, dan menggambar, menanamkan nilai-nilai kesopanan, nilai agama, mengikutkan anak pada lembaga LES, sekolah TPQ dan serta kedisiplinan. Ketiga Proses penyesuaian suami di dalam keluarga sangat menentukan proses mendidik anak selama istri bekerja menjadi TKW keluar negeri, seperti latar belakang ekonomi keluarga (menengah atas maupun menengah kebawah), peran suami dalam pendidikan anak dalam keluarga, suami yang bekerja maupun tidak, dan perbedaan tingkat pendidikan anak di dalam keluarga TKW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.14/19 Pur k
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, Suami, Pendidikan Anak, dan Keluarga TKW
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
PURWANTO, 071211431099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSubagyo Adam, Prof., Dr., Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Jun 2019 02:42
Last Modified: 25 Jun 2019 02:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83635
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item