KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA PENYANDANG DISABILITAS GRAHITA KELAS V DI SDLB NEGERI 51 SIDOREJO TUBAN: ANALISIS MORFOFONOLOGI

AFIYATUR RHOSIDA, 121211131229 (2018) KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA PENYANDANG DISABILITAS GRAHITA KELAS V DI SDLB NEGERI 51 SIDOREJO TUBAN: ANALISIS MORFOFONOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 03-19 Rho k.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Kemampuan Berhasa Indonesia Siswa Penyandang Disabilitas Grahita Kelas V di SDLB Negeri 51 Sidorejo Tuban Analisis:Morfofonologi” ini, bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa Indonesia disabilitas grahita secara fonologi dan morfologi khususnya dalam berbahasa Indonesia. Disabilitas grahita memiliki kemampuan yang terbatas dalam berbahasaan, hal ini dipicu oleh rendahnya IQ dan lemahnya daya pikir untuk berkomunikasi secara baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Metode kumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah melihat, menyimak, peragaan, kecakapan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dengan cara observasi, teknik rekam dan catat. Hasil penelitian ini berupa deskripsi data-data pelafalan dan pembentukan bunyi berdasarkan rangsangan peraga yang diberikan baik berupa gambar maupun tulisan. Berdasarkan analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa siswa penyandang disabilitas grahita kelas V di SDLB negeri 51 Sidorejo Tuban masih belum mampu melafalkan alofon vokal dan konsonan serta penggunaan proses afiksasi dan reduplikasi dengan baik dan benar karena terdapat kesulitan pada pelafalan yaitu penghilangan, penambahan, dan penggantian alofon vokal, konsonan, afiksasi, dan peduplikasi di beberapa bagian bunyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI.03/19 Rho k
Uncontrolled Keywords: Penyandang disabilitas, disabilitas grahita, fonologi, dan morfologi
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AFIYATUR RHOSIDA, 121211131229UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTubiyono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:09
Last Modified: 25 Jun 2019 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83657
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item