PENGALAMAN ANAK MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM MENCAPAI RESILIENSI

YANY LUDIA NATASIAN, 111714253001 (2019) PENGALAMAN ANAK MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM MENCAPAI RESILIENSI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Menjadi anak dari mantan Pekerja Seks Komersial bukanlah hal yang mudah untuk diterima. Banyak tekanan yang didapat seorang individu dari dalam dan luar dirinya karena menyandang predikat sebagai anak mantan Pekerja Seks Komersial. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memaknai pengalaman anak mantan Pekerja Seks Komersial dalam mencapai resiliensi.. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam mengkaji tentang resiliensi, peneliti menggunakan perspektif proses dari Luthar, dkk.,(2002) dimana resiliensi didefinisikan sebagai suatu proses dinamis meliputi adaptasi positif terhadap keadaan yang sulit. Desain penelitian yang dipakai adalah interpretative phenomenological analysis, suatu desain yang dapat menggali data berdasarkan apa yang dialami oleh partisipan melalui interpretasi peneliti. Penelitian dilakukan di kota Surabaya dengan melibatkan 2 partisipan yang adalah anak mantan Pekerja Seks Komersial. Peneliti menganalisis transkrip wawancara dan menghasilkan beberapa tema. Melalui penelitian ini diketahui bahwa mencapai resiliensi bagi anak mantan Pekerja Seks Komersial merupakan hal yang tidak mudah dan ada 2 faktor besar yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk dapat mencapai resiliensi, yaitu faktor protektif dan faktor resiko. Penelitian ini juga menemukan bahwa diperlukan motivasi dari dalam dan luar diri untuk membantu seseorang mencapai resiliensi dalam kurun waktu tertentu.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK Tpsi 24/19 Nat p
Uncontrolled Keywords: Resilience, Children, Commercial Sex Workers, Phenomenology.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV888-907 Children with disabilities
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YANY LUDIA NATASIAN, 111714253001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWiwin Hendriani, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2019 05:39
Last Modified: 25 Jun 2019 05:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83692
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item