PENERAPAN POSITIVE BEHAVIOR SUPPORT (PBS) UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP SISWA AUTISME DI SEKOLAH INKLUSI

FEBRI PRASETYO, 111514153034 (2019) PENERAPAN POSITIVE BEHAVIOR SUPPORT (PBS) UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP SISWA AUTISME DI SEKOLAH INKLUSI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (346kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan penerimaan sosial yang muncul dalam interaksi siswa regular dengan siswa berkebutuhan khusus autisme disekolah inklusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan Positive Behavior Support (PBS) terhadap penerimaan sosial teman sebaya pada siswa autisme disekolah inklusi. Masalah penerimaan sosial yang terjadi adalah perlakuan kasar, diabaikan, dihindari dan tidak dipedulikan serta cenderung didiamkan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pelatihan yang digunakan sebagai media untuk merubah perilaku individu pada aspek kognitif, afektif dan sikap. Positive Behavior Support (PBS) sebagai metode intervensi yang menerapkan dukungan perilaku positif pada siswa regular terhadap siswa autisme dalam upaya meningkatkan penerimaan sosial teman sebaya disekolah inklusi. Subjek penelitian ini adalah siswa regular kelas VII/D di SMPN 4 Sidoarjo yang diketahui mereka baru berteman selama 3 bulan semenjak proses penerimaan peserta didik baru. Alat pengumpulan data menggunakan skala penerimaan sosial dan skala dukungan perilaku positif dengan pre-test dan post-test. Teknik analisis data statistic menggunakan teknik paired samples t-test wilcoxon dengan program IBM SPSS for windows statistics 16.0 version. Berdasarkan hasil analisis product moment dari pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,764 pada pre-test dan post-test cukup kuat dengan signifikansi > 0,05. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari aspek kognitif, sikap dan perilaku siswa reguler antara sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Kontribusi teoritis dan praktis pada penelitian ini adalah mendukung teori Martin E.P Seligman tentang psikologi positif. Kemudian Ross Horner menerapkan PBS yang terbukti efektif meningkatkan penerimaan sosial teman sebaya dan mengurangi perilaku bullying. Penerapan PBS dapat mencegah munculnya bullying, berhasil mengurangi intensitas dan trend perilaku bullying pada siswa usia remaja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK Tpsi 26/19 Pra p
Uncontrolled Keywords: Positive Behavior Support (PBS), Social Acceptance, Autism
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
FEBRI PRASETYO, 111514153034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNono Hery Yoenanto, Dr. , S.Psi., M.Pd., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2019 05:49
Last Modified: 25 Jun 2019 05:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83698
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item