PENGEMBANGAN INDEKS KOMPETENSI KADER TAMAN POSYANDU TERINTEGRASI BERBASIS TENDER LOVING CARE DALAM UPAYA PEMBINAAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 0-5 TAHUN

SITI ASIYAH, 101517087326 (2019) PENGEMBANGAN INDEKS KOMPETENSI KADER TAMAN POSYANDU TERINTEGRASI BERBASIS TENDER LOVING CARE DALAM UPAYA PEMBINAAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 0-5 TAHUN. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak1.pdf

Download (58kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (103kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (183kB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Anak tidak hanya memerlukan pemenuhan kebutuhan fisik, namun juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang untuk perkembangan psikis dan emosionalnya. Tender Loving Care (TLC) atau pengasuhan dengan lembut dan penuh kasih sayang, menonjolkan hubungan kepedulian dan cinta kasih. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan indeks kompetensi kader Taman Posyandu terintegrasi berbasis Tender Loving Care dalam upaya pembinaan tumbuh kembang anak usia 0-5 tahun. Metode: Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan dengan pendekatan cross sectional, di empat Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang melibatkan 320 Taman Posyandu (Posyandu, PAUD dan BKB). Penelitian tahap 2 dilakukan dengan rancangan pra eksperimental menggunakan One Group Pretes-Postest Design, dengan melibatkan kader di sepuluh Taman Posyandu. Hasil dan Temuan baru Penelitian: Penelitian ini telah memperoleh dua hasil utama yaitu pengembangan indeks kompetensi kader Taman Posyandu berbasis Tender Loving Care yang terdiri dari 6 indeks dan 18 indikator, dengan indikator dominan yaitu pemahaman kader tentang dasar-dasar berkomunikasi dengan anak dan pemahaman kader tentang dasar pemantauan pertumbuhan anak. Hasil tahap kedua menunjukkan bahwa model intervensi yang dilakukan terbukti berdampak positif dalam peningkatan kompetensi kader Taman Posyandu. Temuan baru dalam penelitian ini adalah integrasi kompetensi kader Posyandu, PAUD dan BKB menjadi satu kompetensi kader Taman Posyandu berbasis Tender Loving Care. Kesimpulan: Terdapat 18 indikator yang berkontribusi dalam menyusun kompetensi kader Taman Posyandu berbasis Tender Loving Care dalam pembinaan anak usia 0-5 tahun yang merupakan integrasi kompetensi kader Posyandu, kader PAUD dan kader BKB, dengan dua indikator dominan yang perlu mendapatkan perhatian penting dalam menyusun kompetensi yaitu kemampuan kader dalam memahami dasar komunikasi dengan anak dan kemampuan tentang memahami pemantauan pertumbuhan

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK Dis.IK 07/19 Asi p
Uncontrolled Keywords: index, competence, cadres of Taman Posyandu, Tender Loving Care
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SITI ASIYAH, 101517087326UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno Suminar, Dr. , S.Psi, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:52
Last Modified: 25 Jun 2019 08:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83743
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item