PENGARUH MEDIA SMW (West and McBride’s Modified ES Medium) DENGAN MODIFIKASI EDTA PADA MEDIA KULTUR TEKNIS TERHADAP PERTUMBUHAN Sargassum sp.

Endah Rochmawati, 141511133092 (2019) PENGARUH MEDIA SMW (West and McBride’s Modified ES Medium) DENGAN MODIFIKASI EDTA PADA MEDIA KULTUR TEKNIS TERHADAP PERTUMBUHAN Sargassum sp. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak KKC KK PK BP 64-19 Roc p.pdf

Download (271kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar ISi KKC KK PK BP 64-19 Roc p - Copy.pdf

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka KKC KK PK BP 64-19 Roc p.pdf

Download (141kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 18 July 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RINGKASAN Sargassum memiliki pigmen coklat dan menghasilkan alginat yang secara umum rumput laut masih tumbuh secara liar dan belum dimanfaatkan secara baik dan optimal. Sargassum merupakan rumput laut penghasil alginat. Terbuka peluang untuk meningkatkan produksi alginat maka perlu pengelolan sumberdaya alginat berkelanjutan. Upaya peningkatan produksi alginat maka keberhasilan budidaya rumput laut tidak terlepas dari beberapa faktor seperti ketersediaan nutrisi dan juga lingkungan. Nutrisi media merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara media SMW dan media kultur teknis modifikasi EDTA dan efektivitas terhadap pertumbuhan Sargassum sp. Metode yang digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan pada setiap perlakuan sehingga terdapat 20 percobaan selama 15 hari. Parameter utama penelitian adalah Growth Rate,Specific Growth Rate dan klorofil-α. Data pendukung adalah pH, DO, salinitas dan suhu. Data diolah dengan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan untuk melihat perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan tallus pada media yang berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pertumbuhan rumput laut Sargassum sp. Media yang efektif untuk pertumbuhan Sargassum sp. pada media SMW dengan GR sebesar 67,33333 gram dan SGR sebesar 0,55994 %/hari. Hal ini media SMW terdapat nutrisi yang lengkap yaitu nitrat, pospat, dan tambahan trace metal, Fe- EDTA, vitamin B12 dan vitamin B1 dibandingkan media kultur teknis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 64 - 19 Roc P
Uncontrolled Keywords: West and McBride’s Modified ES Medium; Sargassum sp
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
Endah Rochmawati, 141511133092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdriana Monica SahiduUNSPECIFIED
Thesis advisorMoch. Amin Alamsjah, Prof., Ir., M.Si., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 25 Jun 2019 08:11
Last Modified: 18 Jul 2019 08:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83745
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item