ANALISIS PENGARUH EKSPOR PRODUK INDUSTRI HALAL TERHADAP CURRENT ACCOUNT BALANCE (CAB) DI INDONESIA

WINA ANNISAFITRI PURNAMA, 041511433103 (2019) ANALISIS PENGARUH EKSPOR PRODUK INDUSTRI HALAL TERHADAP CURRENT ACCOUNT BALANCE (CAB) DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FEB.EI 88 -19 Pur a-Abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKB KK-2 FEB.EI 88 -19 Pur a-Daftar isi.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKB KK-2 FEB.EI 88 -19 Pur a-Daftar pustaka.pdf

Download (49kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB.EI 88 -19 Pur a.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan industri halal di Indonesia saat ini sangat tinggi, tidak hanya di Indonesia namun dunia. Industri halal menjadi tren baru perekonomian global. Defisit neraca transaksi berjalan di Indonesia telah berlangsung secara berkelanjutan dari tahun 2011 hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspor produk industri halal terhadap CAB di Indonesia dengan beberapa variabel kontrol inflasi, pertumbuhan PDB, nilai tukar, pengeluaran pemerintah dan suku bunga riil. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis time series dengan model regresi ARDL (Autoregressive Distributed Lag). Hasil uji t dan F pada penelitian ini menunjukan bahwa pada jangka panjang ekspor produk industri halal dan pengeluaran pemerintah secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan, inflasi memiliki pengaruh negatif signifikan, sedangkan nilai tukar dan pertumbuhan PDB tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap CAB. Pada jangka pendek ekspor produk industri halal dan pengeluaran pemerintah memiliki pengaruh positif yang signifikan, Inflasi dan suku bunga riil memiliki pengaruh negatif signifikan, sedangkan nilai tukar dan pertumbuhan PDB tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap CAB. Manfaat dari penelitian ini adalah agar komoditas ekspor produk halal dapat menjadi salah satu alternatif yang difokuskan untuk ditingkatkan guna membantu mengurangi defisit CAB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI 88/ 19 Pur a
Uncontrolled Keywords: Halal Industry, Halal Product Export, Current Account Balance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
WINA ANNISAFITRI PURNAMA, 041511433103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlmiawan Auwalin, S.E., M.App.Ec., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 25 Jun 2019 08:10
Last Modified: 25 Jun 2019 08:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83746
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item