BUDAYA TIMOR DALAM CERPEN-CERPEN FANTASTIK SAI RAI KARYA DICKY SENDA

GEMILANG HARI PUTRA, 121411133035 (2019) BUDAYA TIMOR DALAM CERPEN-CERPEN FANTASTIK SAI RAI KARYA DICKY SENDA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FS BI 14-19 Put b - ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FS BI 14-19 Put b - DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FS BI 14-19 Put b - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 14-19 Put b.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Melalui Kumpulan cerpen Sai Rai, Dicky Senda menghadirkan cerita fantastik yang dibalut dengan kepercayaan budaya Timor. Segala peristiwa supranatural dalam cerpen ini dapat dicermati secara tekstual yang perlu dibahas lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi struktur fantastik yang hadir pada kelima cerita pendek (cerpen) Dicky Senda dan latar belakang yang muncul di setiap tokoh yang ada. Di mana masing-masingnya memiliki peristiwa-peristiwa ganjal sehingga dapat mengganggu psikis tokoh tersebut. Dengan begitu peneliti turut memperlihatkan kondisi struktural fantastik pada masing-masing cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori fantastik Todorov yakni mengenai pengungkapan atas struktur fantastik dalam kelima cerpen Dicky Senda yang turut dibarengi dengan metode penelitian kualitatif. Pada tahap awal peneliti memilih kelima cerpen yang digunakan dalam penelitian yakni Dua Ruangan dengan Seribu Ular, Pulang ke Barat dari Hanga Loko Pedae, MaetMone, Orpa, dan Sutradara yang Memainkan Sendiri Filmnya. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa secara keseluruhan analisis struktur fantastik dan pemaknaan dalam kelima cerpen tersebut tidaklah sepenuhnya berada pada dunia supranatural. Hal ini disebabkan dua genre yang ada pada cerpen-cerpen tersebut terdiri atas Uncanny dan fantastic-marvellous, sehingga peristiwa aneh yang muncul sebagaian besar hanyalah bentuk dari imajinasi sang tokoh. Di sisi lain latar tempat, kepercayaan masyarakat, jenis peristiwa, deskripsi identitas tokoh, rupanya turut mampu membangun makna yang hadir dalam sebuah karya guna mengetahuan maksud atas tujuan dan bentuknya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 FS BI 14/19 Put b
Uncontrolled Keywords: Cerpen, fantastik, struktur fantastik, budaya timor
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
GEMILANG HARI PUTRA, 121411133035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 25 Jun 2019 08:14
Last Modified: 25 Jun 2019 08:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item