KOMBINASI SINBIOTIK PADA PAKAN KOMERSIAL DAN MEDIA EMELIHARAAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)

DERRY GIOVANNY, 141411131185 (2019) KOMBINASI SINBIOTIK PADA PAKAN KOMERSIAL DAN MEDIA EMELIHARAAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus). Skripsi thesis, Fakultas Perikanan dan Kelautan.

[img] Text (ABSTRAK)
PK BP. 48-19 Gio k abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PK BP. 48-19 Gio k daftar isi.pdf

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PK BP. 48-19 Gio k daftar pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP. 48-19 Gio k fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) memiliki permintaan pasar tinggi sehingga untuk memenuhinya dengan mempercepat pertumbuhan. Faktor yang menunjang pertumbuhan adalah pakan yang berkualitas dan pengolahan kualitas air yang baik. Pakan harus bekerja maksimal dalam proses penyerapan nutrisi. Kualitas air harus baik supaya membantu meningkatkan imunnitas ikan sehingga pertumbuhan ikan tidak terganggu dan tidak menimbulkan penyakit. Upaya yang dapat dilakukan untuk dapat mengoptimalkan pemberian pakan dan menjaga kulaitas air yaitu penambahan sinbiotik. Pemberian sinbiotik bertujuan meningkatkan populasi bakteri baik di dalam pencernaan, mengatur lingkungan mikroba pada usus, menghalangi mikroorganisme patogen dalam usus, menstabilkan lingkungan pemeliharaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilaksanakan bulan Desember 2018 – Januari 2019 di belakang gedung B Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 kali ulangan yaitu, P0: Tanpa Sinbiotik, P1: Sinbiotik pada Pakan Komersial (1%), P2: Sinbiotik pada Media Pemeliharaan (1%), P3: Sinbiotik pada Pakan Komersial (1%) dan Sinbiotik pada Media Pemeliharaan (1%). Analisis statistik menggunakan Analyze Of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pemberian kombinasi sinbiotik pada pakan komersial dan media pemeliharaan memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap laju pertumbuhan dan rasio konversi pakan. Laju pertumbuhan spesifik tertinggi pada P3 sebesar 3,37%/hari dan rasio konversi pakan terendah pada P3 sebesar 1,38.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK PB.48/19 Gio k
Uncontrolled Keywords: ikan lele dumbo
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
DERRY GIOVANNY, 141411131185UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Agus Sudjarwo, Prof., drh., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 25 Jun 2019 08:48
Last Modified: 27 Jun 2019 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83760
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item