PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN STUDI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN ALIH JALUR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA

ERRY HESTRIYANA, 040234598E (2006) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN STUDI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN ALIH JALUR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-hestriyana-2912-b127_06-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-hestriyana-2912-b_127_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh faktor-faktor keberhasilan studi terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan manajemen alih jalur fakultas ekonomi Universitas Airlangga Surabaya dan mengambil sampel sebanyak 53 mahasiswa. Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah faktor-faktor keberhasilan studi yang terdiri dari learning motivation, learning confidence, learning strategy, indeks prestasi Diploma (D-3), dan latar belakang bidang keilmuan mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen alih jalur Universitas Airlangga, serta untuk mengetahui dari kelima faktor tersebut, faktor mana yang paling dominan mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen alih jalur Universitas Airlangga. Data yang diperoleh dihitung melalui analisis dengan bantuan SPSS versi 10.01. Dari pengujian tersebut diperoleh: pertama, terdapat pengaruh bersama¬sama variabel learning motivation, learning confidence, learning strategy, IPK Diploma dan latar belakang bidang keilmuan terhadap IPK Jurusan Manajemen Alih Jalur berdasarkan basil pengujian uji F dengan nilai F hitung sebesar 13,428 dengan tingkat signifikansi uji F hitung adalah sebesar 0,000 ( p < 0.05). Sedangkan koefisen determinasi berganda (R2) atau R squared diperoleh nilai 58,8 %. Dengan demikian perubahan variabel IPK Jurusan Manajemen Alih Jalur disebabkan oleh variabel Learning motivation, Learning confidence, Learning strategy, IPK Diploma dan Latar belakang bidang keilmuan. Sedangkan sisanya yaitu 41,2 % disebabkan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model, kedua, terdapar pengaruh secara parsial variabel learning motivation (X1), learning confidence (X2), learning strategy (X3), IPK Diploma (X4) dan latar belakang bidang keilmuan (X5) dengan nilai t hitung secara berturut-turut masing-masing sebesar 3,468 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 (p < 0.05), 3,219 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 (p < 0.05), 3,136 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 (p < 0.05), 2,676 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,010 (p < 0.05) dan 2,252 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,029 ( p < 0.05). Pada penelitian ini jugs menunjukkan bahwa hipotesis kedua terbukti kebenarannya bahwa variabel learning motivation merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap IPK mahasiswa jurusan manajemen alih jalur dengan nilai beta 0,342. Secara umum dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor keberhasilan studi berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan manajemen alih jalur. Dan bahwa faktor learning motivation merupakan faktor yang dominan mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa jurusan manajemen alih jalur fakultas ekonomi Universitas Airlangga Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.127/06 Hes p
Uncontrolled Keywords: ACHIEVEMENT MOTIVATION
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ERRY HESTRIYANA, 040234598EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. SITI SULASMI, Dr.,S.Psi.,MscUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 20 Nov 2006 12:00
Last Modified: 16 Jun 2017 16:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8380
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item