PENGARUH PERBEDAAN TANAMAN BUAH TOMAT (Lycopersicon esculentum), CABAI (Capsicsum frutencens L.) DAN TERONG (Solanum melongena L.) TERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) PADA SISTEM AKUAPONIK

NAFA AISYAH, 141511133048 (2019) PENGARUH PERBEDAAN TANAMAN BUAH TOMAT (Lycopersicon esculentum), CABAI (Capsicsum frutencens L.) DAN TERONG (Solanum melongena L.) TERHADAP TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) PADA SISTEM AKUAPONIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RINGKASAN NAFA AISYAH. Pengaruh Perbedaan Tanaman Buah Tomat (Lycopersicon esculentum), Cabai (Capsicsum frutencens L.) dan Terong (Solanum melongena L.) Terhadap Tingkat Kelangsungan Hidup dan Laju Pertumbuhan Spesifik Ikan Lele Dumbo (Clarias sp) Pada Sistem Akuaponik. Dosen Pembimbing Prayogo, S.Pi., MP. Dan Boedi Setya Rahardja, Ir., M.P. Meningkatnya produksi ikan lele dumbo berakibat pada penambahan area lahan budidaya dan penggunaan air, sehingga dibutuhkan suatu teknologi budidaya ikan lele dumbo dengan padat tebar tinggi yang bisa diterapkan pada minimnya wadah dan sumber air dengan pola manajemen yang efektif dan efisien yaitu dengan sistem akuaponik (Diver, 2006). Sistem akuaponik mampu mereduksi amonia dengan cara menyerap air buangan budidaya atau air limbah dengan menggunakan akar tanaman sehingga amonia yang terserap mengalami proses oksidasi dengan bantuan oksigen dan bakteri, amonia diubah menjadi nitrat (Widyastuti, 2008). Penyerapan amonia berbeda-beda dari setiap tanaman (Setio dkk., 2016). Tanaman buah dapat dipilih sebagai alternatif untuk ditanam pada sistem akuaponik sehingga pada penelitian ini digunakan tanaman buah tomat, cabai dan terong yang memiliki nilai ekonomis tinggi untuk menyerap kelebihan unsur hara ke dalam air dan efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan tanaman buah tomat, cabai, dan terong terhadap tingkat kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan spesifik ikan lele dumbo pada sistem akuaponik dan mengetahui tanaman mana yang efektif terhadap tingkat kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan spesifik pada sistem akuaponik. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan metode RAL yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Parameter utama yang diamati yaitu tingkat kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan spesifik ikan lele serta parameter pendukung berupa kualitas air (pH, suhu, DO, amonia, nitrit dan nitrat) dan pertumbuhan tanaman tomat, cabai dan terong awal-akhir. Analisis data diolah dengan menggunakan ANOVA dan dilanjutkan Uji Berganda Duncan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perbedaan tanaman buah tomat, cabai dan terong pada sistem akuaponik terdapat pengaruh nyata (p<0,05) terhadap tingkat kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan spesifik ikan lele dumbo. Berdasarkan hasil Uji Jarak Berganda Duncan terdapat perbedaan nyata antara perlakuan P3 dengan P0, P1 dan P2 pada laju pertumbuhan spesifik dan tingkat kelangsungan hidup dan P1 tidak berbeda nyata dengan P2 pada tingkat kelangsungan hidup ikan. Jenis tanaman buah tomat cabai dan terong berpengaruh terhadap tingkat kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan spesifik ikan lele dumbo pada sistem akuaponik. Tanaman yang efektif dalam penelitian ini yaitu tanaman terong dengan nilai tingkat kelangsungan hidup tertinggi yaitu 98,56% dan laju pertumbuhan spesifik tertinggi yaitu 4,80%/hari. Kata kunci : Lele Dumbo, Sistem Akuaponik, Tanaman Tomat, Cabai , Terong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 67-19 Ais p
Uncontrolled Keywords: Lele Dumbo, Sistem Akuaponik, Tanaman Tomat, Cabai , Terong
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
NAFA AISYAH, 141511133048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrayogo, S.Pi., MP.UNSPECIFIED
ContributorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:26
Last Modified: 26 Jun 2019 10:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83805
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item