TEKNIK PEMBENIHAN IKAN MAS (Cyprinus carpio) INTENSIF DI BBI NGORO, KAB. JOMBANG, PROPINSI JAWA TIMUR

INDAH INDRIANA, 141511133117 (2019) TEKNIK PEMBENIHAN IKAN MAS (Cyprinus carpio) INTENSIF DI BBI NGORO, KAB. JOMBANG, PROPINSI JAWA TIMUR. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRAK)
PKL. PK BP 70 - 19 Ind t - ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PKL. PK BP 70 - 19 Ind t - DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PKL. PK BP 70 - 19 Ind t - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PKL. PK BP 70 - 19 Ind t - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (971kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyediaan benih ikan yang sehat merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan budidaya ikan karena dapat meningkatkan produksi perikanan air tawar. Penyediaan benih ikan baik kualitas maupun kuantitas yang memadai merupakan salah satu syarat yang menentukan keberhasilan suatu usaha budidaya ikan. Teknik pembenihan ikan mas intensif seperti yang diterapan di BBI Ngoro adalah perbaikan dari teknik tradisional dalam penyediaan benih yang memiliki tingkat padat tebar lebih tinggi dibandingkan teknik tradisional, dalam pemberian pakan lebih mengandalkan pakan buatan dibandingkan pakan alami, bentuk kolam sangat teratur tujuannya untuk mempermudah pengelolaan air. Praktek Kerja Lapang teknik pembenihan ikan mas (Cyprinus carpio)intensif di BBI Ngoro, Jombang, Jawa Timur bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari teknik pembenihan ikan mas serta mengetahui berbagai hambatan teknis dan cara mengatasi berbagai bentuk hambatan teknis dalam pembenihan ikan mas intensif di Balai Benih Ikan Ngoro, Jombang, Jawa Timur. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Balai Benih Ikan Ngoro, Jombang, Jawa Timur, pada tanggal 20 Desember 2017 - 20 Januari 2018. Praktek Kerja Lapang teknik pembenihan ikan mas (Cyprinus carpio) intensif di BBI Ngoro, Jombang, Jawa Timur meliputi kegiatan persiapan kolam pemijahan hingga kegiatan pemanenan benih ikan mas serta pemasaran benih ikan mas. Pada teknik pembenihan ikan mas intensif kolam yang digunakan di Balai Benih Ikan Ngoro, Jombang adalah kolam beton dan kolam beton dasar tanah. Kolam beton digunakan untuk tempat pemijahan induk ikan mas dan memelihara benih ikan mas, sedangkan kolam beton dasar tanah digunakan untuk memelihara induk ikan mas. Pakan yang digunakan adalah pellet yang dihancurkan dan dicampur dengan probiotik. Sumber air untuk memelihara induk ikan mas berasal dari air sungai yang telah ditreatment (diberi tambahan kapur jika pH air terlalu asam) pada kolam penampungan air, sedangkan sumber air untuk benih ikan mas berasal dari air tanah. Kualitas air dan kondisi seluruh kolam dimonitoring setiap hari agar tetap baik dan ikan tidak terserang penyakit.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL. PK BP 70 / 19 Ind t
Uncontrolled Keywords: PEMBENIHAN IKAN MAS, KESEHATAN IKAN
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
INDAH INDRIANA, 141511133117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:15
Last Modified: 26 Jun 2019 04:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83813
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item