FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RELATIONSHIP COMMITMENT PELANGGAN SALON JOHNNY ANDREAN PLAZA SURABAYA

SUHARTINA PERWIRAWATI, 040338108 (2006) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RELATIONSHIP COMMITMENT PELANGGAN SALON JOHNNY ANDREAN PLAZA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-perwirawat-2914-b124_06-k.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-perwirawat-2914-b_124_06-r.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menghadapi situasi yang kompetitif, para penyedia jasa saat ini harus menyadari bahwa mempertahankan pelanggan lebih utama daripada mandapatkan pelar ggan baru. Pandangan tersebut merupakan pendangan dari konsep relationship marketing, yang dikatakan sebagai paradiggrna pemasaran abad 21 (Peppers et al., 1495). Komitmen untuk berhubungan (relationship commitment) merupakan kunci suksesnya relationship marketing. Menurut Dwyer, et al., (1987) dalam Sharma dan Patterson (1999), relationship commitment dapat diartikan sebagai kesungguhan untuk menepati yang sudah disepakati didasari oleh kemauan dan kesadaran pribadi, baik secara implisit maupun eksplisit untuk tetap mempertahankan hubungan fungsional antara pihak¬pihak yang berhubupgan (penyedia jasa dengan kliennya). Menurut Gwinner et al., Sharma et al., dan Ping dalam Patterson dan Smith (2001), faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen untuk berhubungan (relationship commitment) terdiri dari kinerja teknis (technical Perf)rmance), ikatan sosial (social bonds), komunikasi (com1nuxrication), biaya perpindahan (switching costs) dan daya tank suatu pilihan (alternative attractiveness). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja teknis (technical Performance), ikatan sosial (social bonds), komunikasi (communication), biaya perpindahan (switching costs) dan daya tank suatu pilihan (alternative attractiveness) terhadap komitmen untuk berhubungan (relationship commitment) pelanggan salon Johnny Andrean Plaza Surabaya. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah lebih dari satu kali menggunakan jasa salon Johnny Andrean Plaza Surabaya yang kebetulan ditemui saat penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dengan menggunakan Regresi Linier Berganda. Persamaan regresi yang didapat sebagai pendekatan adalah: Y= 0,522 + 0,17OX1 + 0,205X2 + 0,154X3 + 0,223X4 + 0,201X5 Hasil uji hipotesis dari analisis regresi menunjukkan bahwa variabel kinerja teknis (technical Performance), ikatan sosial (social bonds), komunikasi (communication), biaya perpindahan (switching costs) dan daya tank suatu pilihan (alternative attractiveness) secara signifikan berpengaruh (baik secara bersama¬sama maupun parsial) terhadap variabel komitmen untuk berhubungan (relationship commitment) pelanggan salon Johnny Andrean Plaza Surabaya. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang terdiri dari variabel kinerja teknis (technical Performance), ikatan sosial (social bonds), komunikasi (communication), biaya perpindahan (switching costs) dan daya tank suatu pilihan (alternative attractiveness) mempengaruhi komitmen untuk berhubungan (relationship commitment) pelanggan salon Johnny Andrean Plaza Surabaya, terutama faktor biaya perpindahan (switching costs).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.124/06 Per f
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
SUHARTINA PERWIRAWATI, 040338108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 20 Nov 2006 12:00
Last Modified: 16 Jun 2017 16:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item