ART OF PLATING (Studi Deskriptif Tentang Bentuk Inovasi Food Plating Di Molecula Café Surabaya)

ANNISAA NUUR HUWAIDAH, 151611413011 (2018) ART OF PLATING (Studi Deskriptif Tentang Bentuk Inovasi Food Plating Di Molecula Café Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FV PW 11-19 Huw a - DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FV PW 11-19 Huw a - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV PW 11-19 Huw a.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Trend penyajian hidangan berawal dari restoran yang berada di hotel yang mengembangkan cara penataan makanan. Makanan ditata di atas piring dengan kreasi dari para Chef. Chef yang memiliki kreativitas dan skill memasak dapat menciptakan hidangan berkualitas dengan nilai jual yang tinggi. Hidangan yang ditata semenarik mungkin dapat menimbulkan kesan yang mewah pada setiap sajian yang diberi sentuhan seni. Trend penyajian hidangan ini menjadi inovasi tersendiri bagi salah satu jenis bisnis kuliner, yaitu café. Café mengembangkan inovasi dengan menciptakan hidangan mewah layaknya di hotel, namun dengan harga yang lebih terjangkau untuk kalangan anak-anak muda. Salah satunya adalah Café Molecula yang terletak di tengah Kota Surabaya. Café ini memperkenalkan konsep Gastronomi Molekular di pasar Surabaya, merupakan cafe spesialis dessert yang menjual aneka macam makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau bagi kalangan anak-anak muda. Dengan konsep tersebut pihak café melakukan inovasi food plating pada penyajian hidangannya. Food plating merupakan teknik penataan, menghias dan dekorasi pada sebuah penyajian makanan di atas piring untuk mendapatkan penampilan yang menarik dan dapat menggugah selera makan konsumen. Maka penulis ingin membahas mengenai bentuk inovasi food plating dan aspek-aspek yang dipertimbangkan saat melakukan food plating di Molecula Café Surabaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang berarti penulis mencoba menjelaskan atau mendeskripsikan data yang diperoleh selama penelitian. Data tersebut berupa data internal café dan kutipan wawancara yang diperoleh pada saat melakukan wawancara dengan narasumber. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk inovasi yang dilakukan saat plating serta aspek-aspek yang dipertimbangkan pada saat food plating di Molecula Café. Hasil penelitian yang telah diperoleh penulis berupa penjelasan secara detail mengenai bentuk inovasi dalam melakukan food plating di Molecula Café Surabaya dan penjelasan mengenai beberapa aspek yang dipertimbangkan saat melakukan food plating yang meliputi : prinsip dasar memasak, balance, ukuran porsi hidangan, dan penataan pada piring. Sehingga dapat diciptakan sebuah inovasi baru pada hidangan yang dijual di Molecula Café Surabaya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK2 FV PW 11/19 Huw a
Uncontrolled Keywords: Café, Inovasi, Food Plating, dessert
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
ANNISAA NUUR HUWAIDAH, 151611413011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah Nurhidayati, S. Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 26 Jun 2019 02:43
Last Modified: 26 Jun 2019 02:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item