TEKNIK BUDIDAYA RUMPUT LAUT (Kappaphycus alvarezii) MENGGUNAKAN BIBIT HASIL KULTUR JARINGAN DENGAN METODE LONGLINE BERBINGKAI DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA LAUT LAMPUNG PROVINSI LAMPUNG

SUCI RACHMAWATI, 141511133123 (2019) TEKNIK BUDIDAYA RUMPUT LAUT (Kappaphycus alvarezii) MENGGUNAKAN BIBIT HASIL KULTUR JARINGAN DENGAN METODE LONGLINE BERBINGKAI DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA LAUT LAMPUNG PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRAK)
PKL. PK BP 71 - 19 Rac t - ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PKL. PK BP 71 - 19 Rac t - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PKL. PK BP 71 - 19 Rac t - DAFTRA ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PKL. PK BP 71 - 19 Rac t - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumput laut K. alvarezii merupakan salah satu komoditas penting hasil perikanan yang memiliki nilai ekonomis. Saat ini, rumput laut masih menjadi salah satu komoditas andalan untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya di Indonesia. Rumput laut K. alvarezii mempunyai fungsi baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, menyediakan makanan bagi ikan dan invertebrata. Secara tidak langsung, digunakan dalam berbagai industri. Dalam budidaya rumput laut K. alvarezii teknik budidaya yang tepat merupakan ukuran keberhasilan budidaya. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kerja serta mengetahui hambatan atau permasalahan dalam teknik budidaya rumput laut K. Alvarezii. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Komoditas Rumput Laut Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung, Desa Hanura, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung pada tanggal 18 Desember 2017 – 18 Januari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan partisipasi aktif. Sedangkan pengambilan data sekunder diperoleh dari hasil riset, dokumentasi atau pustaka akademis yang berkaitan dengan kegiatan teknik budidaya rumput laut K. alvarezii. Teknik budidaya rumput laut K. alvarezii di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung dilakukan dengan menggunakan metode longline berbingkai dengan ukuran 50 meter x 25 meter. Bibit yang digunakan adalah bibit hasil kultur jaringan. Pada proses budidaya, ditemukan hama epifit dan penyu hijau serta penyakit ice-ice.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL. PK BP 71/19 Rac t
Uncontrolled Keywords: BUDIDAYA RUMPUT LAUT, PERIKANAN, KELAUTAN
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
SUCI RACHMAWATI, 141511133123UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnnur Ahadi abdillah, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:36
Last Modified: 26 Jun 2019 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item