KAMPUNG INDUSTRI TENUN IKAT BANDAR KIDUL (Studi Deskriptif Tentang Tenun Ikat Bermotif Tradisional Sebagai Suvenir Khas Kota Kediri)

BELLA ARIYANI, 151611413009 (2018) KAMPUNG INDUSTRI TENUN IKAT BANDAR KIDUL (Studi Deskriptif Tentang Tenun Ikat Bermotif Tradisional Sebagai Suvenir Khas Kota Kediri). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV PW 14-19 Ari k - ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FV PW 14-19 Ari k - DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FV PW 14-19 Ari k - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV PW 14-19 Ari k.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kota Kediri memiliki salah satu daerah yang menarik untuk dikunjungi sebagai obyek wisata sekaligus sebagai pusat berbelanja souvenir tradisional khas Kota Kediri yaitu Kampung Industri Tenun Ikat Bandar Kidul. Tenun Ikat khas Kota Kediri dapat menjadi salah satu produk pilihan untuk suvenir bagi wisatawan. Selain untuk membeli Tenun Ikat, wisatawan yang datang ke Kampung Industri Tenun Ikat Bandar Kidul juga dapat melihat proses pembuatan Tenun Ikat secara langsung yang menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Terdapat 8 home industry yang ada pada Kampung Industri Tenun Ikat Bandar Kidul. Tenun Ikat khas Kota Kediri memiliki motif tradisional yang dipertahankan hingga sekarang yaitu Ceplok, Tirto dan Loong. Pemerintah memiliki peranan dalam mempertahankan dan mengembangkan Tenun Ikat di Kota Kediri salah satunya dengan mengadakan event “The 4th Dhoho Street Fashion.” Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah wisatawan mengetahui tentang motif tradisional pada Tenun Ikat di Kampung Industri Tenun Ikat Bandar Kidul dan untuk mengetahui pendapat wisatawan tentang daya tarik Tenun Ikat bermotif tradisional sebagai suvenir di Kampung Industri Tenun Ikat Bandar Kidul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan informasi mengenai Tenun Ikat khas Kota Kediri penulis memilih informan yaitu pemilik home industry, pengrajin Tenun Ikat, wisatawan, dan Wali Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan menggunakan wawancara. Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa wisatawan tidak mengetahui motif tradisional dan filosofi pada Tenun Ikat. Daya tarik dari Tenun Ikat Kota Kediri sebagai suvenir yaitu keunikan yang berupa warna, motif, dan pilihan kain yang beragam, keaslian dan keoriganalan karena Tenun Ikat khas Kota Kediri hanya dapat ditemukan di Kampung Industri Tenun Ikat Bandar Kidul, dan proses pembuatan yang menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Terdapat kendala dalam proses pembuatan Tenun Ikat yaitu distribusi bahan dan faktor cuaca (musim penghujan).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK2 FV PW 14-19 Ari k
Uncontrolled Keywords: Tenun Ikat, Kota Kediri, Suvenir tradisional, Suvenir wisata.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
BELLA ARIYANI, 151611413009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah Nurhidayati, Dr.,S.SOS., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:40
Last Modified: 26 Jun 2019 03:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83836
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item