ASPIRASI DAN EKSPLORASI SISWA TERHADAP PEKERJAAN DAN KAITANNYA DENGAN PILIHAN SISWA UNTUK MASUK SMK (Studi Eksplanatif pada Siswa SMK di Kota Surabaya)

BIMA GILANG PRASASTI, 071311433094 (2019) ASPIRASI DAN EKSPLORASI SISWA TERHADAP PEKERJAAN DAN KAITANNYA DENGAN PILIHAN SISWA UNTUK MASUK SMK (Studi Eksplanatif pada Siswa SMK di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.19 19 Pra a.pdf

Download (212kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.19 19 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.19 19 Pra a.pdf

Download (387kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sebuah sub sistem dalam pendidikan nasional yang berperan penting dalam mempersiapkan siswa-siswinya yang secara khusus dididik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu dengan lebih banyak melakukan praktikum-praktikum kerja sesuai dengan jurusan maupun mata pelajaran yang telah diajarkan dibandingkan dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Madrasah Aliyah (MA). Banyaknya peminat SMK dari tahun ke tahun menunjukkna bahwa kini SMK semakin diminati dan diduga hal tersebut tidak terlepas dari aspirasi dan juga ekplorasi siswa terhadap prospek pekerjaan mereka saat mereka lulus nanti. Penelitian ini mengambil lokasi di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling, dengan jumlah sample sebanyak 400 orang siswa. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal manusia Theodore W. Schultz, Teori aspirasi Elizabeth B. Hurlock serta Teori eksplorasi Marcia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah semakin tinggi aspirasi siswa terhadap pekerjaan maka semakin tinggi pula minat siswa untuk memilih bersekolah di SMK. dan semakin tinggi ekplorasi siswa terhadap pekerjaan, maka semakin tinggi pula minat siswa untuk memilih bersekolah di SMK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.19/19 Pra a
Uncontrolled Keywords: Siswa, SMK, minat siswa, ekplorasi siswa, pekerjaan
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
BIMA GILANG PRASASTI, 071311433094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTuti Budirahayu, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:47
Last Modified: 26 Jun 2019 03:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83843
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item