AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MELALUI APLIKASI “SISKEUDES” DI DESA NGUNUT DAN DESA GUPOLO KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO

WILDANA AL FARUQI, 071411131076 (2019) AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MELALUI APLIKASI “SISKEUDES” DI DESA NGUNUT DAN DESA GUPOLO KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.27 19 Far a.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_Fis.AN.27 19 Far a.pdf

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Fis.AN.27 19 Far a.pdf

Download (99kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.27 19 Far a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang rinci dan akurat tentang praktik terbaik dalam hal akuntabilitas pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi “SISKEUDES” di Desa Ngunut dan Desa Gupolo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Akuntabilitas pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi “SISKEUDES” di 2 desa tersebut dapat dilihat dari elaborasi dimensi akuntabilitas dari Ellwood dan Rasul. Untuk menggambarkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di 2 desa melalui pengawasan dari aplikasi tersebut digunakan teori dari Joko Widodo, LAN, Brantas dan Sujamto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe diskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara mendalam, dokumentasi, studi dokumen, dan penelusuran data online. Penentuan informan dilakukan secara purposive dan dilanjutkan dengan snowball dengan total 18 informan yang terdiri dari pemerintah daerah, pemerintah desa, kepolisian dan masyarakat. Analisis data kualitatif dilakukan secara bertahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Desa Ngunut dan Desa Gupolo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo dapat memenuhi 5 dimensi akuntabilitas. 5 dimensi akuntabilitas itu antara lain; akuntabilitas kejujuran, akuntabilitas hukum, akuntabilitas manajerial (efisiensi pengelolaan keuangan desa), akuntabilitas program, dan akuntabilitas finansial (akuntabilitas vertical dan horizontal). Selain pengawasan dari aplikasi “SISKEUDES”, akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di dua desa juga didukung dengan pengawasan yang dilakukan di lingkungan masyarakat, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten dan Kepolisian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.27/19 Far a
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Aplikasi, Akuntabilitas, Pengelolaan Keuangan Desa.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
WILDANA AL FARUQI, 071411131076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Supeno, Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 26 Jun 2019 08:28
Last Modified: 18 Dec 2019 02:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item