STRATEGI INOVASI DAN KINERJA ORGANISASI PERGURUAN TINGGI DI ERA DISRUPSI

ENTAR SUTISMAN, 041417147306 (2019) STRATEGI INOVASI DAN KINERJA ORGANISASI PERGURUAN TINGGI DI ERA DISRUPSI. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Dis. A. 02-19 Sut s Abstrak.pdf

Download (134kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Dis. A. 02-19 Sut s Daftar Isi.pdf

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dis. A. 02-19 Sut s Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text (Fulltext)
Dis. A. 02-19 Sut s.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris peran mediasi strategi inovasi pada pengaruh tekanan persaingan terhadap kinerja organisasi dan memperoleh bukti empiris peran mediasi strategi inovasi pada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja organisasi pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan teori Industrial Organization (I/O) dan teori Resources Based View (RBV) sebagai dasar teori kemampuan daya saing organisasi melalui faktor-faktor internal dan eksternal organisasi yang berpengaruh terhadap kinerja organisasi PTS di Jawa Timur. Penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Eksplanatory ini menggunakan sampel sebanyak 195 pimpinan PTS di Jawa Timur dari total populasi sebanyak 328 PTS yang terdiri atas Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik dengan tiga klaster hasil penilaian Anugerah Kampus Unggul (AKU) tahun 2017. Untuk melakukan analisis dan membuktikan hipotesis dilakukan analisis inferensial dengan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) melalui Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi inovasi yang diukur dengan dimensi inovasi produk, inovasi proses dan inovasi disrupsi memediasi sebagian (parsial) pengaruh tekanan persaingan terhadap kinerja organisasi dan memediasi sebagian (parsial) pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja organisasi PTS di Jawa Timur. Penelitian ini memberikan konstribusi terhadap teori I/O dan RBV yang terkait dengan tekanan persaingan dan kepemimpinan transformasional sebagai faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja organisasi PTS di Jawa Timur melalui penerapan pengukuran strategi inovasi dan kinerja organisasi perguruan tinggi yang dapat diterapkan pada perguruan tinggi dalam menghadapi era Revolusi Industri ke 4.0 dan era disrupsi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. A. 02-19 Sut s
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Inovasi Disrupsi, Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Organisasi, Perguruan Tinggi Swasta, Strategi Inovasi, Tekanan Persaingan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ENTAR SUTISMAN, 041417147306UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBambang Tjahjadi, Prof. Dr. SE., MBA., Ak., CA., CMA., MPM.UNSPECIFIED
ContributorHamidah, Dr. Hj., Dra., M.Si., AK.,CMA.,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:40
Last Modified: 26 Jun 2019 04:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83859
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item