PENGARUH MEDIASI CORPORATE FORESIGHT ACTIVITY DAN KAPABILITAS PERUSAHAAN PADA HUBUNGAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN KINERJA PERUSAHAAN

Ismail, 041517147303 (2019) PENGARUH MEDIASI CORPORATE FORESIGHT ACTIVITY DAN KAPABILITAS PERUSAHAAN PADA HUBUNGAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN KINERJA PERUSAHAAN. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Dis. A. 03-19 Ism p Abstrak.pdf

Download (134kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Dis. A. 03-19 Ism p Daftar Isi.pdf

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dis. A. 03-19 Ism p Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text (Fulltext)
Dis. A. 03-19 Ism p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi corporate foresight activity dan kapabilitas perusahaan pada hubungan sistem pengendalian manajemen dan kinerja perusahaan. Informasi yang ingin diperoleh adalah mengenai kejelasan terjadinya hubungan variabel yang dibangun pada suatu model persamaan berdasarkan konsep yang relevan, sehingga penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian eksplanatori. Penelitian ini menggunakan metode survei pada perusahaan manufaktur besar di Sulawesi Selatan dengan jumlah populasi sebanyak 137. Jumlah sampel yang dianalisis sebanyak 63 sampel dengan response rate sebesar 51,82%. Unit analisis yang dituju adalah perusahaan manufaktur besar di Sulawesi Selatan, dan yang menjadi responden adalah pimpinan perusahaan pada level manajer menengah keatas. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software smartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini berhasil membuktikan bahwa corporate foresight activity dapat memediasi hubungan antara sistem pengendalian manajemen dengan kinerja perusahaan. Pencapaian kinerja perusahaan yang optimal tidak terlepas dari implementasi sistem pengendalian manajemen yang efektif serta dukungan strategi corporate foresight activity. Sistem pengendalian manajemen jika dihubungkan dengan corporate foresight activity akan memberikan dampak terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Hasil penelitian ini tidak berhasil membuktikan pengaruh mediasi kapabilitas perusahaan pada hubungan sistem pengendalian manajemen dengan kinerja perusahaan. Perusahaan dituntut untuk terus melakukan peningkatan kapabilitas agar kinerja perusahaan dapat meningkat. Temuan penelitian ini memperkuat contingency theory bahwa sistem pengendalian manajemen dapat meningkatkan kinerja perusahaan jika mempertimbangkan strategi yang dapat berdaptasi dengan lingkungannya. Corporate foresight activity hadir sebagai strategi yang dapat menangkap peluang perusahaan dan mampu mendeteksi terjadinya perubahan lingkungan di masa depan. Oleh karena itu, tindak lanjut hasil penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan bagi pihak manajemen perusahaan dalam mendesain dan mengimplementasikan sistem pengendalian manajemen dan strategi dengan efektif agar mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. A. 03-19 Ism p
Uncontrolled Keywords: corporate foresight activity, kapabilitas perusahaan, kinerja perusahaan, sistem pengendalian manajemen .
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Ismail, 041517147303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Thesis advisorBasuki, Prof. Drs., M.Com (Hons).,Ph.D.,Ak.,CMA.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:52
Last Modified: 26 Jun 2019 04:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item