PERBEDAAN TANAMAN BUAH TOMAT (Lycopersiconesculentum), CABAI (Capsicsumfrutencens L.), DAN TERONG (SolanummelongenaL.) PADA PENYERAPAN AMONIA (NH3), NITRIT (NO2) Dan NITRAT (NO3) AIR BUDIDAYA IKAN LELE DUMBO (Clariassp.) PADA SISTEM AKUAPONIK

Nadya Chandra Pangesti Rahayu, 141511133049 (2019) PERBEDAAN TANAMAN BUAH TOMAT (Lycopersiconesculentum), CABAI (Capsicsumfrutencens L.), DAN TERONG (SolanummelongenaL.) PADA PENYERAPAN AMONIA (NH3), NITRIT (NO2) Dan NITRAT (NO3) AIR BUDIDAYA IKAN LELE DUMBO (Clariassp.) PADA SISTEM AKUAPONIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RINGKASAN Perbedaan Tanaman Buah Tomat (Lycopersicon esculentum), Cabai (Capsicsumfrutencens L.), Dan Terong (Solanum melongenaL.) Pada Penyerapan Amonia (NH3), Nitrit (NO2) Dan Nitrat (NO3) Air Budidaya Ikan Lele Dumbo (Clariassp.) Pada Sistem Akuaponik. Dosen Pembimbing Prayogo, S.Pi., MP., Dan Boedi Setya Rahardja, Ir., M.Kes. Budidaya ikan lele dumbo menghasilkan air limbah dari endapan pakan yang tidak termakan dan feses yang mengendap didasar perairan yang dapat membahayakan kehidupan ikan. Bahan organik yang tinggi diperairan tidak berdampak baik untuk kualitas air budidaya. Kualitas air mempunyai peran penting terhadap kegiatan budidaya serta produktifitas ikan budidaya.Kandungan pencemar pada air budidaya dapat juga mempengaruhi kualitas air budidaya ikan, kualitas perairan akan menurun karena akumulasi limbah yang dapat berpengaruh pada proses fisiologis, tingkah laku, pertumbuhan, mortalitas ikan.Budidaya dengan menggunakan sistem akuaponik merupakan solusi untuk mengatasi masalah kualitas air budidaya. Akuaponik memiliki prinsip dasar yang bermanfaat bagi budidaya perairan adalah sisa pakan dan kotoran ikan yang berpotensi memperburuk kuaitas air, akan dimanfaatkan sebagai pupuk bagi tanaman.Tanaman ekonomis tinggi memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan dalam akuaponik, namun sangat jarang ditemui pada penerapan budidaya sistem akuaponik menggunakan tanaman seperti tanaman buah tomat, cabai, terong.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan jenis tanaman buah ekonomis peting yang efektif untuk menyerap amonia, nitrit dan nitrat air budidaya ikan lele dumbo pada sistem akuaponik. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan metode RAL yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan dengan tanaman berbeda yaitu P0 = (kontrol) tanpa tanaman, sedangkan P1 = tanaman tomat; P2 = tanaman cabai; P3 = tanaman terong. Parameter penelitian yang diamati adalah kadar amonia, nitrit, nitrat, pengukuran suhu, DO, pH, pertumbuhan ikan dan pertumbuhan tanaman awal dan akhir. Hasil perhitungan uji Analisis of Varian (ANOVA) menunjukkan bahwa perbedaan tanaman cabai, tomat dan terong dalam sistem akuaponik menunjukkan perbedaan yang nyata (p<0,05) terhadap kualitas air. Penyerapan amonia, nitrit dan nitrat mengalami perbedaan yang nyata pada setiap perlakuan disetiap minggu selama satu bulan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pada setiap minggu perlakuan terbaik terjadi pada perlakuan P3(tanaman terong) selama satu bulan penelitian dengan efektifitas rata-rata penyerapan konsentrasi amonia, nitrit dan nitrat pada minggu pertama hingga minggu keempat adalah 0,347 mg/L; 0,274 mg/L; 0,231 mg.L; 0,312 mg/L, Nitrit yaitu 0,098 mg/L; 0,140 mg/L; 0,147 mg/L; 0,169 mg/L, dan nitrat yaitu 19,867 mg/L; 21,395 mg/L; 23,605 mg/L; 24,326 mg/L. Perlakuan P0 (kontrol) menjadi perlakuan terburuk pada setiap minggu selama satu bulan karena mengalami peningkatan konsentrasi pada setiap minggu selama satu bulan penelitian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK PK BP 69-19 Rah p
Uncontrolled Keywords: Tanaman Buah Tomat (Lycopersicon esculentum), Cabai (Capsicsumfrutencens L.), Terong (Solanum melongenaL.); Sistem Akuaponik.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
Nadya Chandra Pangesti Rahayu, 141511133049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrayogo, S.Pi., MPUNSPECIFIED
ContributorBoedi Setya Rahardja, Ir., M.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Jun 2019 08:08
Last Modified: 26 Jun 2019 10:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83912
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item