IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING EKTOPARASIT IKAN COBIA (Rachycentron canadum) DENGAN UKURAN YANG BERBEDA DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA LAUT (BBPBL) LAMPUNG

REZKYTA DINDA BRAMIDA PUTRI., 141411133044 (2019) IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING EKTOPARASIT IKAN COBIA (Rachycentron canadum) DENGAN UKURAN YANG BERBEDA DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA LAUT (BBPBL) LAMPUNG. Skripsi thesis, Fakultas Perikanan dan Kelautan.

[img] Text (ABSTRAK)
PK BP. 53-19 Put i abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PK BP. 53-19 Put i daftar isi.pdf

Download (21kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PK BP. 53-19 Put i daftar pustaka.pdf

Download (288kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP. 53-19 Put i fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan cobia (Rachycentron canadum) merupakan salah satu komoditas perikanan yang memiliki keunggulan yaitu pertumbuhannya yang relatif cepat, mempunyai nilai ekonomis dan memiliki kualitas daging yang baik. Salah satu hambatan dalam budidaya adalah terjangkitnya berbagai jenis penyakit, terutama yang disebabkan oleh parasit dapat menyebabkan penurunan kualitas. Selain kematian dampak yang ditimbulkan oleh infestasi dari parasit adalah menurunnya berat badan ikan yang dapat merugikan secara ekonomi (Hariyadi, 2006). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies, prevalensi dan mengetahui perbedaan prevalensi cacing ektoparasit yang menginfestasi ikan cobia (Rachycentron canadum) pada ukuran yang berbeda di BBPBL Lampung. Jenis metode penelitian ini adalah survey dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Parameter utama yang diamati merupakan jenis cacing ektoparasit dan prevalensi. Parameter pendukung adalah kualitas air pada keramba jaring apung meliputi suhu, pH, oksigen terlarut, salinitas, nitrit dan ammonia. Cacing ektoparasit yang ditemukan menginfestasi ikan cobia (Rachycentron canadum) adalah Neobenedenia girellae yang ditemukan pada mata dan permukaan tubuh ikan, Hasil perhitungan prevalensi cacing ektoparasit yang menginfestasi ikan cobia ukuran 20-30 cm sebesar 30% dan ukuran 40-50 cm sebesar 65%. Hasil perhitungan uji Chi-Square berdasarkan jumlah sampel ikan yang diamati menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai prevalensi terhadap ukuran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP.53/19 Put i
Uncontrolled Keywords: ikan cobia
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
REZKYTA DINDA BRAMIDA PUTRI., 141411133044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Subekti, Prof. Dr. Hj. , DEA,UNSPECIFIED
ContributorPutri Desi Wulan Sari, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 26 Jun 2019 09:31
Last Modified: 27 Jun 2019 02:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item