Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah Di Rusunawa Urip Sumoharjo Kota Surabaya

Himmah Febi Ihsani, 071511133022 (2019) Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah Di Rusunawa Urip Sumoharjo Kota Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FIS AN 28 19 Ihs e ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FIS AN 28 19 Ihs e DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIS AN 28 19 Ihs e DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS AN 28 19 Ihs e FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijakan retribusi tarif sewa rusunawa merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Surabaya untuk meningkatkan pengelolaan aset secara lebih efektif sehingga mampu mengoptimalisasi pendapatan asli daerah serta menekan terjadinya penyimpangan- penyimpangan dalam pengelolaan aset. Kebijakan ini merupakan kebijakan pemerintah yang sudah seharusnya diawasi dan di evaluasi dalam pelaksanaannya sehingga dapat mengetahui hasil dari keseluruhan pelaksanaan kebijakan tersebut. Serta dapat mengetahui penyimpangan yang muncul dalam pelaksanaan kebijakan sehingga dapat dicari solusi atas permasalahan tersebut. Evaluasi sangat diperlukan dalam pelaksanaan suatu kebijakan, agar pelaksanaan kebijakan terseut dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pelaksanaan kebijakan retribusi tarif sewa rusunawa Urip Sumoharjo serta untuk mengetahui hambatan dan penyimpangan apa saja yang muncul dalam pelaksanaan kebijakan tersebut. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya sebagai pihak yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kebijakan retribusi tarif sewa rusunawa di Kota Surabaya, dan Rusunawa Urip Sumoharjo sebagai pihak kedua dalam pembayaran retribusi tarif sewa rusunawa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sedangkan teknik penetuan informan dilakukan secara purposive sampling yang kemudian berkembang dengan menggunakan teknik snowball. Hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan kebijakan retribusi tarif sewa rusunawa di Urip Sumoharjo Kota Surabaya dinilai kurang optimal dilihat dari kriteria efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Hal ini dibuktikan dengan jumlah unit rusunawa Urip Sumoharjo yang membayar retribusi tarif sewa hanya empat unit dari 120 unit keseluruhan rusunawa dan semakin meningkatnya jumlah jumlah unit rusunawa yang tidak membayar retribusi tarif sewa dari tahun ketahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 28/19 Ihs e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan, Pelaksanaan Kebijakan, Peraturan Daerah, Rumah Susun Sederhana
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ6603-7390 Customs administration
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Himmah Febi Ihsani, 071511133022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Jun 2019 01:30
Last Modified: 18 Dec 2019 02:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83961
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item