PRINSIP KESELAMATAN (SAFETY PRINCIPLE) DALAM KONTRAK KONSTRUKSI DI INDONESIA

Sugiarto Raharjo Japar, 031217017319 (2019) PRINSIP KESELAMATAN (SAFETY PRINCIPLE) DALAM KONTRAK KONSTRUKSI DI INDONESIA. Doctoral thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Daftar Isi)
Daftar Isi Dis. H. 19 19 Cha k.pdf

Download (82kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak Dis. H. 19 19 Cha k.pdf

Download (445kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Dis. H. 19 19 Cha k.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text Dis. H. 19 19 Cha k.pdf
Restricted to Registered users only until 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian hukum ini bertujuan untuk menemukan sifat Prinsip Keselamatan dalam kontrak konstruksi di Indonesia dan untuk menemukan standar Prinsip Keselamatan dalam kontrak konstruksi di Indonesia. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian hukum ini adalah memberikan temuan dari analisis sifat Prinsip Keselamatan dalam kontrak konstruksi di Indonesia, memberikan temuan dari analisis urgensi standarisasi kontrak konstruksi di Indonesia dan memberikan temuan dalam bentuk standar Prinsip Keselamatan dalam kontrak konstruksi di Indonesia. Prinsip ini juga merupakan argumentasi hukum baru yang digunakan dalam penyusunan kontrak konstruksi di Indonesia. Penelitian hukum ini berfokus pada dua permasalahan hukum yaitu Prinsip Keselamatan dalam kontrak konstruksi dan standarisasi Prinsip Keselamatan dalam kontrak konstruksi. Jenis penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normatif dan penelitian doktrinal sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian hukum ini menggunakan beberapa pendekatan yang meliputi pendekatan legislatif, pendekatan kasus, pendekatan konseptual dan pendekatan komparatif. Kesimpulan dari penelitian hukum ini adalah Prinsip Keselamatan dalam kontrak konstruksi adalah keselamatan bagi pihak kontraktor, keselamatan bagi pekerja proyek konstruksi, keselamatan bagi masyarakat di sekitar proyek konstruksi sedangkan standarisasi Prinsip Keselamatan dalam kontrak konstruksi di negara Indonesia adalah penyeragaman persepsi pihak-pihak yang berkontrak mengenai klausula standar yang harus ada dalam kontrak konstruksi dan keseragaman model kontrak standar konstruksi di Indonesia. Saran dari penelitian hukum ini adalah pihak-pihak yang berkontrak harus menggunakan Prinsip Keselamatan dalam merumuskan klausul dalam kontrak konstruksi untuk menciptakan keselamatan dalam kegiatan konstruksi dan pemerintah harus merumuskan peraturan pemerintah dari penerapan Pasal 47 hingga Pasal 50 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. H. 21 19 Jap p
Uncontrolled Keywords: Construction Contracts, Principles of Safety and Standardization
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1270-1278 Labor laws and legislation
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Doktoral Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Sugiarto Raharjo Japar, 031217017319UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYohanes Sogar Simamora, Prof. Dr., S.H., M.Hum.,UNSPECIFIED
ContributorLanny Ramli, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2019 02:42
Last Modified: 27 Jun 2019 02:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83994
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item