PERBEDAAN WAKTU EKUILIBRASI PADA KRIOPRESERVASI TERHADAP MORFOLOGI, VIABILITAS DAN LAMA HIDUP SPERMATOZOA IKAN MAS (Cyprinus carpio)

DESY AGUSTINE PUSPITASARI, 141511133053 (2019) PERBEDAAN WAKTU EKUILIBRASI PADA KRIOPRESERVASI TERHADAP MORFOLOGI, VIABILITAS DAN LAMA HIDUP SPERMATOZOA IKAN MAS (Cyprinus carpio). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
RINGKASAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text (Fulltext)
PK BP 87 19 Pus p.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan mas (Cyprinus carpio) merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang memiliki kendala penurunan kualitas akibat Inbreeding. Pemijahan buatan merupakan cara untuk mengurangi inbreeding. Pemijahan buatan dapat mengatur perkawinan induk ikan berkualitas dengan kondisi terbatas agar menjadi optimal. Optimalisasi induk ikan jantan yang berkualitas dapat dilakukan dengan penyimpanan sperma. Penyimpanan sperma dapat dilakukan dengan teknik kriopreservasi. Teknik kriopreservasi dapat menurunkan kualitas spermatozoa akibat cold shock selama proses pembekuan. Penurunan kualitas spermatozoa dapat diatasi dengan optimalisasi waktu ekuilibrasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui waktu ekuilibrasi yang berbeda terhadap morfologi (abnormalitas), viabilitas dan lama hidup spermatozoa ikan mas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang digunakan diantaranya waktu ekuilibrasi sebelum pembekuan selama 10 menit, 20 menit, 30 menit dan 40 menit. Parameter utama pada penelitian ini adalah morfologi (abnormalitas), viabilitas dan lama hidup spermatozoa ikan mas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada waktu ekuilibrasi sebelum pembekuan yang berbeda pada kriopreservasi berpengaruh nyata terhadap morfologi, viabilitas dan lama hidup spermatozoa ikan mas (p<0,05). Morfologi (abnormalitas) terendah pada ekuilibrasi selama 20 menit sebesar 10,6%. Viabilitas dan lama hidup tertiggi pada waktu ekuilibrasi selama 20 ment yaitu sebesar 88,7% dan lama hidup 85,2 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.87/19 Pus p
Uncontrolled Keywords: Spermatozoa ; ikan mas
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
DESY AGUSTINE PUSPITASARI, 141511133053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir.,MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:06
Last Modified: 27 Jun 2019 03:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item