PERANAN COST-VOLUME-PROFIT (CVP) ANALYSIS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PERENCANAAN LABA DAN PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK : STUDI KASUS PADA PT. PETROKIMIA GRESIK

MIVA SUSI WARNI, 040318020 (2007) PERANAN COST-VOLUME-PROFIT (CVP) ANALYSIS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PERENCANAAN LABA DAN PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK : STUDI KASUS PADA PT. PETROKIMIA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2007-mivasusiwa-4423-a82_07-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-mivasusiwa-4423-a82_07.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berawal dari tujuan perusahaan yang bersifat profit oriented, maka manajemen perlu melakukan perencanaan laba yang baik khususnya dalam kondisi persaingan bisnis yang cukup tinggi. Perencanaan laba yang baik harus memperhatikan faktor-faktor yang terkait dengan laba, yaitu: harga, volume penjualan, dan biaya. Salah satu alat yang dapat menjelaskan hubungan antara faktor-faktor yang terkait dengan laba tersebut adalah Cost-Volume-Profit Analysis (analisis CVP). Denga bantuan analisis CVP, perusahaan dapat menentukan tingkat volume penjualan atau jumlah biaya yang hams dikeluarkan untuk mencapai target laba yang telah ditetapkan dalam anggaran laba. Selain itu, analisis CVP juga dapat membantu manajemen dalam menentukan harga jual produk yang tepat sehingga target laba yang telah ditetapkan dapat tercapai. Dengan perencanaan laba yang matang dan penentuan harga jual yang tepat dengan menggunakan analisis CVP, diharapkan akan meningkatkan kinerja manajemen serta efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan. Dalam penelitian ini dibahas tentang "Peranan CVP Analysis sebagai alat bantu manajemen dalam perencanaan laba dan penentuan harga jual produk pads PT. Petrokimia Gresik." Adapun metode penenlitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus. Dari hash penenlitian ditemukan bahwa selama ini PT. Petrokimia belum menerapkan analisis CVP dalam perencanaan laba dan pengambilan keputusan jangka pendeknya. Akibatnya perusahaan tidak dapat mencapai target laba sehingga kinerja manajemen serta efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan tidak optimal. Oleh karena itu, perusahaan ini disarankan untuk menggunakan analisis CVP dalam perencanaan laba serta penentuan harga produknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 82/07 War p
Uncontrolled Keywords: Analisis CVP, Perencanaan Laba, Penentuan Harga Jual Produk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MIVA SUSI WARNI, 040318020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Suyunus, Drs., MAFIS., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Apr 2007 12:00
Last Modified: 16 Jun 2017 19:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8415
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item