PERAN KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN BUM DESA (Studi Kasus BUM Desa Citra Mandiri Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi)

ARINA HIDAYATI, 041511535031 (2019) PERAN KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN BUM DESA (Studi Kasus BUM Desa Citra Mandiri Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 PDSKU A.17-19 Hid p ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKB KK-2 PDSKU A.17-19 Hid p DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKB KK-2 PDSKU A.17-19 Hid p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 PDSKU A.17-19 Hid p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala desa dalam membangun BUM Desa Citra Mandiri Ketapang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pengamatan dan wawancara kepada stakeholder yang meliputi kepala desa, direktur BUM Desa Citra Mandiri dan Badan Permusyawaraan Desa (BPD). Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam keberhasilan BUM Desa Citra Mandiri tidak terlepas dari peran kepala desa. Peran-peran kepala desa dalam mengelola BUM Desa antara lain peran memotivasi karyawan BUM Desa, peran kontrol dan pengawasan terhadap pengelolaan BUM Desa, peran sebagai komunikator dan peran sebagai pengambil keputusan. Dalam pelaksanaannya, terdapat hal-hal yang mempengaruhi peran kepala desa. Hal pendukung peran kepala desa adalah masyarakat karena tujuan utama pendirian BUM Desa adalah meningkatkan standar hidup ekonomi masyarakat. Hal pendukung lainnya adalah loyalitas karyawan dalam mengelola dan mengembangkan BUM Desa. Selain hal pendukung, terdapat hal-hal yang menghambat peran kepala desa yaitu kualitas Sumberdaya manusia (SDM) yang masih rendah serta belum tersedianya SOP yang baku yang mengatur standar bagi kegiatan BUM Desa Citra Mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PDSKU A.17/19 Hid p
Uncontrolled Keywords: BUM Desa Development, Role Of Village Head
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARINA HIDAYATI, 041511535031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorERINA SUDARYATI, Dr., Dra., MS., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Jun 2019 07:09
Last Modified: 27 Jun 2019 07:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84158
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item