SUBSTITUSI TEPUNG IKAN MENGGUNAKAN Corn Gluten Meal (CGM) PADA PAKAN FORMULASI IKAN NILA MERAH (Oreochromis niloticus) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK, EFISIENSI PAKAN, DAN RASIO KONVERSI PAKAN

DHANA DILI ARIANI, 141511133140 (2019) SUBSTITUSI TEPUNG IKAN MENGGUNAKAN Corn Gluten Meal (CGM) PADA PAKAN FORMULASI IKAN NILA MERAH (Oreochromis niloticus) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK, EFISIENSI PAKAN, DAN RASIO KONVERSI PAKAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RINGKASAN DHANA DILI ARIANI. Substitusi Tepung Ikan Menggunakan Corn Gluten Meal (CGM) Pada Pakan Formulasi Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) Terhadap Laju Pertumbuhan Spesifik, Efisiensi Pakan, dan Rasio Konversi Pakan. Dosen Pembimbing Agustono, Ir., M.Kes. dan Dr. H. Moh. Anam Al Arif, drh., MP. Ikan nila merah (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu komoditas unggul yang berkembang pesat di Indonesia. Produksi budidaya ikan nila merah di Indonesia mulai tahun 2015-2017 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kualitas dan kuantitas serta suplai pakan yang tidak stabil menyebabkan kebutuhan permintaan tepung ikan semakin meningkat, sehingga diperlukan sumber protein alternatif pengganti tepung ikan. Salah satu bahan baku sumber protein alternatif pengganti tepung ikan adalah Corn Gluten Meal (CGM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah substitusi tepung ikan menggunakan Corn Gluten Meal (CGM) dapat meningkatkan laju pertumbuhan spesifik dan efisiensi pakan serta menurunkan rasio konversi pakan ikan nila merah (Oreochromis niloticus). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Konsentrasi Corn Gluten Meal (CGM) yang digunakan, yaitu P0(0%), P1(10%), P2(20%), P3(30%), dan P4(40%). Parameter yang diamati adalah laju pertumbuhan spesifik, efisiensi pakan, dan rasio konversi pakan. Analisis data menggunakan ANOVA dan dilanjutkan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan substitusi tepung ikan menggunakan Corn Gluten Meal (CGM) pada pakan formulasi ikan nila merah (Oreochromis niloticus) selama 28 hari dapat meningkatkan laju pertumbuhan spesifik dan efisiensi pakan, serta menurunkan rasio konversi pakan. Laju pertumbuhan tertinggi, yaitu pada perlakuan P4 dengan nilai rata-rata 2,35% dengan taraf Corn Gluten Meal (CGM) 40%. Efisiensi pakan terbaik, yaitu pada perlakuan P4 dengan nilai rata-rata 79,02%. Rasio konversi pakan terendah, yaitu pada perlakuan P4 dengan nilai 1,13.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 74-19 Ari s
Uncontrolled Keywords: Tepung Ikan;Corn Gluten Meal (CGM);Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
DHANA DILI ARIANI, 141511133140UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorH. Moh. Anam Al Arif, Dr. drh., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Jun 2019 07:11
Last Modified: 27 Jun 2019 07:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84162
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item