PERAN LEMBAGA MANAJEMEN INFAQ (LMI) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MUALAF DI DESA KLEPU, KECAMATAN SOOKO, KABUPATEN PONOROGO

MUHAMMAD AFFAN SATRIA, 041114076 (2019) PERAN LEMBAGA MANAJEMEN INFAQ (LMI) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MUALAF DI DESA KLEPU, KECAMATAN SOOKO, KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FEB EI 62 19 Sat p.pdf

Download (541kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FEB EI 62 19 Sat p.pdf

Download (261kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FEB EI 62 19 Sat p.pdf

Download (263kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FEB EI 62 19 Sat p.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran Lembaga Manajemen Infaq (LMI) dalam pemberdayaan ekonomi mualaf di Desa Klepu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui proses wawancara dengan manajer program LMI di Madiun, pendamping masyarakat lokal, dan juga para mualaf penerima program. Selain wawancara, pengamatan (observasi) dan dokumentasi diadopsi dalam studi ini untuk mengungkap peran LMI dalam upaya memberdayakan para mualaf di Desa Klepu. Teknik analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selain dengan metode triangulasi, penggunaan bahan referensi, seperti foto-foto dan alat bantu rekam, diperlukan untuk mendukung kredibilitas data yang telah ditemukan oleh peneliti, sehingga penelitian menjadi lebih dapat dipercaya. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan peran LMI dalam mendayagunakan zakat untuk tujuan program pemberdayaan ekonomi di Desa Klepu, yakni antara lain: sebagai fasilitator dalam pengembangan masyarakat mualaf. Selain sebagai fasilitator, melalui program Kampung Inspiratif dan Mandiri, LMI mencoba memanfaatkan sumber daya dan keterampilan yang ada di Desa Klepu dalam rangka memberdayakan para mualaf di sana dari sisi ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 62/19 Sat p
Uncontrolled Keywords: mualaf Desa Klepu, LMI, pemberdayaan ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD AFFAN SATRIA, 041114076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorA. Syifaul Qulub, NIDN0703057503UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 27 Jun 2019 08:23
Last Modified: 27 Jun 2019 08:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item