PEMANFAATAN TEPUNG AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DALAM FORMULA PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN EFISIENSI PAKAN

MAIHARDIYANTI FAIQOTUL HIMMAH, 141511133138 (2019) PEMANFAATAN TEPUNG AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DALAM FORMULA PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN EFISIENSI PAKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK PK BP 88 19 Him p.pdf

Download (238kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI PK BP 88 19 Him p.pdf

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PK BP 88 19 Him p.pdf

Download (203kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT PK BP 88 19 Him p.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan konsumsi ikan di Indonesia mengalami peningkatan tiap tahunnya. Ikan nila merupakan salah satu hasil perikanan budidaya yang mengalami peningkatan produksi sebesar 21,41% dari tahun 2010 sampai tahun 2014. Pakan merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan budidaya. Sekitar 40-60% biaya produksi dari kegiatan budidaya berasal dari pembelian pakan. Kendala dalam budidaya ikan nila terletak pada manajemen pakan. Pembudidaya ikan nila masih banyak menggunakan pakan dengan harga murah, kuantitasnya banyak, tetapi kualitas pakan rendah. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberi alternatif pakan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mencampur pakan dengan tepung ampas tahu yang difermentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan tepung ampas tahu yang difermentasi dalam formula pakan ikan nila terhadap laju pertumbuhan, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Rancangan yang digunaka adalah rancangan acal lengkap (RAL). Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan. Perlakuan yang digunakan adalah penambahan tepung ampas tahu yang difermentasi pada formula pakan, yaitu P0 (kontrol), P1 (95% formula pakan+5% tepung ampas tahu yang difermentasi), P2 (90% formula pakan+10% tepung ampas tahu yang difermentasi) dan P3 (85% formula pakan+15% tepung ampas tahu yang difermentasi). Masing-masing perlakuan diulang sebanya 5 kali. Parameter utama yang diamati adalah laju pertumbuhan, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan. Parameter pendukung yang diamati adalah kualitas air. Analisis data menggunakan Analyze Of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda duncan (Duncan’s Multiple Range Test). Hasil penelitian dari pemanfaatan tepung ampas tahu yang difermentasi dalam formula pakan ikan nila berbeda nyata (P<0,05) terhadap panjang mutlak, akan tetapi tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap berat mutlak, pertumbuhan spesifik harian, rasio konversi pakan dan efisiensi pakan. Hal ini menunjukkan hasil yang didapat relatif sama dengan kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 88/19 Him p
Uncontrolled Keywords: Pakan ikan, tepung ampas tahu
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
MAIHARDIYANTI FAIQOTUL HIMMAH, 141511133138UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 27 Jun 2019 08:51
Last Modified: 27 Jun 2019 08:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84214
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item