PEMANFAATAN TEPUNG AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DALAM FORMULA PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN (BETN)

RIZQI RAMADHAN, 141511133106 (2019) PEMANFAATAN TEPUNG AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DALAM FORMULA PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR DAN BAHAN EKSTRAK TANPA NITROGEN (BETN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ampas tahu merupakan limbah sisa hasil dari industri tahu yang dapat digunakan sebagai pakan ternak altermatif karena memiliki kandungan protein kasar cukup tinggi yang baik untuk pertumbuhan namun, memiliki kandungan serat kasar cukup tinggi pula, sehingga pemanfaatanya masih kurang optimal, oleh karena itu perlu dilakukannya proses fermentasi untuk menurunkan kadar air dan serat kasar serta meningatkan kandungan protein kasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan tepung ampas tahu yang di fermentasi dalam formula pakan ikan nila terhadap kecernaan serat kasar dan bahan ekstrak tanpa Nitrogen (BETN). Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dan Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL), dengan menggunakan 4 macam perlakuan dengan 5 kali ulangan pada setiap perlakuan. Parameter uji utama dalam penelitian ini adalah kecernaan serat kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) pada ikan nila (Oreochromis niloticus). Parameter penunjang dalam penelitian ini adalah pengukuran kualitas air meliputi suhu, pH dan DO dan Amonia. Hewan uji yang akan digunakan pada penelitian ini adalah ikan nila (Oreochromis niloticus) ukuran 7-10 cm dengan berat ratarata + 10 gram. Setiap akuarium berisi 10 ekor ikan nila dengan total keseluruhan 200 ekor ikan. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pemanfaatan tepung ampas tahu yang difermentasi dalam pakan menghasilkan nilai kecernaan serat kasar yang berbeda nyata, sedangkan tidak terdapat perbedaan yang nyata pada nilai kecernaan BETN pada ikan nila (p>0,05) pemanfaatan tepung ampas tahu yang difermentasi dalam pakan sampai dengan taraf perlakuan P3 (15% tepung ampas tahu fermentasi) dapat meningkatkan kecernaan serat kasar pada ikan nila, v IR – PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SKRIPSI PEMANFAATAN TEPUNG AMPAS... RIZQI RAMADHAN sedangkan, pemanfaatan tepung ampas tahu yang difermentasi dalam pakan sampai dengan taraf perlakuan P3 (15% tepung ampas tahu fermentasi) memiliki nilai kecernaan yang relatif sama dengan perlakuan P0.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 78-19 Ram p
Uncontrolled Keywords: Tepung Ampas Tahu; Formula Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
RIZQI RAMADHAN, 141511133106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgustono, Ir., M.KesUNSPECIFIED
ContributorWidya Paramita Lokapirnasari, Dr. , drh., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Jun 2019 09:40
Last Modified: 27 Jun 2019 09:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item