PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENGELOLAAN ASET TEKNOLOGI INFORMASI PADA HOLDING COMPANY MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 (STUDI KASUS PT. SARASWANTI UTAMA SURABAYA)

NINDYASANTI NOURMA EKAPUTRI, 081411631007 (2019) PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENGELOLAAN ASET TEKNOLOGI INFORMASI PADA HOLDING COMPANY MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 (STUDI KASUS PT. SARASWANTI UTAMA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi informasi (TI) memiliki perkembangan yang cukup cepat yang dapat membantu suatu organisasi dikarenakan dengan adanya TI antar proses bisnis didalam organisasi dapat terintegrasi dengan mudah. Salah satu faktornya adalah aset TI. Adanya SOP yang bertujuan sebagai langkah awal perusahaan untuk mempersiapkan pengelolaan aset TI yang optimal sesuai kebutuhan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dokumen SOP pengelolaan aset TI menggunakan kerangka kerja COBIT 5 pada domain proses BAI09 Manage Assets dan menyusun format work product yang menyertai SOP pengelolaan aset TI yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Penyusunan SOP pengelolaan aset TI dilakukan dalam beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah observasi aktivitas pengelolaan aset TI pada PT. Saraswanti Utama, selanjutnya memverifikasi langkah kerja pengelolaan aset TI perusahaan dari hasil analisis aktivitas KMP BAI09 Manage Assets COBIT 5. Tahapan ketiga adalah penentuan peran untuk tiap-tiap langkah kerja yang dilakukan dengan cara memetakan RACI Chart BAI09. Tahapan selanjutnya proses penyusunan SOP yang disusun berdasarkan format SOP pada PT. Saraswanti Utama dan penyusunan work product pengelolaan aset TI yang didiskusikan langsung dengan pihak perusahaan.Tahapan kelima melakukan pengujian SOP dengan work product wawancara langsung dan melalui kuesioner. Tahapan akhir pada penelitian ini adalah tahapan perbaikan Hasil penelitian ini menghasilkan 8 SOP dimana dari kedelapan SOP dengan total 69 langkah kerja dan mempunyai 24 dokumen (work product) yang menyertai SOP pengelolaan aset TI. Hasil verifikasi menunjukkan bahwa sebanyak 41 langkah kerja dapat dijalankan sepenuhnya, 17 langkah kerja dapat dijalankan sebagian dan 11 langkah kerja belum dapat dijalankan.Kata Kunci : Pengelolaan, Teknologi Informasi, Aset TI, SOP, COBIT 5, BAI09, Manage Assets

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 17-19 Eka p
Uncontrolled Keywords: Management, Information Technology, IT Assets, SOP, COBIT 5, BAI09, Manage Assets
Subjects: Q Science
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
NINDYASANTI NOURMA EKAPUTRI, 081411631007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArmy Justitia, S.Kom. M.KomUNSPECIFIED
Thesis advisorIndra Kharisma Raharjana,, S.Kom., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:31
Last Modified: 28 Jun 2019 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84311
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item