RELASI KUASA KELUARGA PENSIUNAN DI PERKOTAAN (Studi Kasus pada Ranah Domestik Keluarga yang Suaminya Pensiun di Kota Gresik)

DHELLA SAVILLA PUTRI, 071511433002 (2019) RELASI KUASA KELUARGA PENSIUNAN DI PERKOTAAN (Studi Kasus pada Ranah Domestik Keluarga yang Suaminya Pensiun di Kota Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.25 19 Put r.pdf

Download (132kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_Fis.S.25 19 Put r.pdf

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Fis.S.25 19 Put r.pdf

Download (137kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.25 19 Put r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.25 19 Put r.pdf

Download (175kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketidaksetaraan gender masih sering terjadi di tengah masyarakat, terlebih pandangan tentang budaya patriarki yang mana selalu memposisikan perempuan lebih rendah daripada laki-laki. Relasi kuasasering terjadi dalam hubungan keluarga, terlebih pada suami dan istri yang memiliki peran masing-masing sehingga ada pihak yang berkuasa dan dikuasai. Menggunakan budaya patriarki ternyata dapat menjadikan perempuan dirugikan. Mereka seringkali mendapatkan perlakuan yang tidak adil. Budaya patriarki membuat mereka merelakan hak nya sebagai perempuan. Studi ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan in-depth interview atau wawancara mendalam dan menggunakan teknik purposive dalam menentukan informan yang sesuai dengan karakteristik peneliti. Analisis data dilakukan dengan teori Kekuasaan yang dikemukakan oleh Michel Foucault. Menurut Foucault kekuasaan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Kekuasaan tidak hanya bisa dilakukan oleh negara atau pun lembaga tinggi lainnya. Kekuasaan dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki strategi atau keinginan untuk menguasai pihak yang ingin dikuasainya. Selain itu Foucault juga menjelaskan dimana ada relasi maka disitu terdapat kekuasaan. Melalui analisis data diperoleh hasil relasi kuasa terjadi di keluarga. Budaya patriarki yang membentuk pola pikir masyarakat bahwa laki-laki memiliki kekuatan yang lebih besar karena dalam keluarga, lelaki dijadikan sebagai kepala keluarga yang mencari nafkah untuk keluarganya dan sepantasnya mereka mendapatkan kedudukan lebih tinggi dari anggota keluarga lainnya. Namun, pada kenyataannya meskipun suami sudah pensiun, ia masih pada posisi superior di keluarga nya. Ketika suami pensiun ia tetap memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada istrinya, terlebih di dalam ranah domestik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.25/19 Put r
Uncontrolled Keywords: Relasi Kuasa, Keluarga, Pensiunan, Patriarki
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K486-487 Relation of law to other topics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DHELLA SAVILLA PUTRI, 071511433002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSudarso, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:24
Last Modified: 28 Jun 2019 04:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item