MOTIVASI BERKUNJUNG KE MUSEUM MPU TANTULAR (Studi Deskriptif Motivasi Pengunjung ke UPT Museum Negeri Mpu Tantular Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur)

Hana Endrawati Siswanto, 151611413016 (2018) MOTIVASI BERKUNJUNG KE MUSEUM MPU TANTULAR (Studi Deskriptif Motivasi Pengunjung ke UPT Museum Negeri Mpu Tantular Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
asbtrak FV. PW. 23 19 Sis m.pdf

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Isi)
daftar isi FV. PW. 23 19 Sis m.pdf

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka FV. PW. 23 19 Sis m.pdf

Download (29kB)
[img] Text (Full Text)
Full text FV. PW. 23 19 Sis m.pdf
Restricted to Registered users only until 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Memiliki segudang tempat objek wisata yang bisa dikunungi oleh pengunjung. Berbagai macam jenis objek wisata, mulai dari objek wisata sejarah, objek wisata religi, objek wisat budaya, objek wisata bahari, objek wisata konvensi dan sebagainya. Tempat yang bisa memberikan kesenangan tersendiri. Setiap manusia hakikatnya ingin mebahagiakan dirinya terlepas dari kegiatan sehari – sehari, sehingga manusia memerlukan untuk kegiatan yang bisa menangkan dan menyangkan diri sendiri. Objek wisata yang memberikan tempat menyenangkan dan sekaligus memberikan manfaat pada dirinya sendir, salah satunya adalah, objek wisata sejarah yaitu di Museum Mpu Tantular. Museum Mpu Tantular didirikan oleh warga Surabaya berkebangsaan Jerman yang bernama Godfried Hariowald Von Faber pada tahun 1933 dan diresemikan pada 25 Juli 1937. Dalam Museum Mpu Tantular memiliki berbagai macam koleksi mulai dari koleksi prasejarah, koleksi zona hindu-budha, zona kemerdekaan dan kolonial, zona ilmu pengetahuan dan teknologi, koleksi von faber dan koleksi kesenian. Sehingga pengunjung akan melihat dan mendapatkan informasi dari zaman ke zaman. Motivasi adalah suatu faktor pendorong untuk seseorang yang ingin memenuhi suatu kebutuhan yang belum terpenuhi. Sehingga setiap pengunjung pergi ke Museum Mpu Tantular dengan tujuan yang berbeda. Motivasi pengunjug ke Museum Mpu Tantular berbagai macam yaitu, rasa ingin tahu, kegiatan edukasi, kegiatan liburan, dan bersenang – senang. Pengunjung yang datang ke Museum Mpu Tantular dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat sekitar yang memiliki latar belakang yang berbeda dan usia yang berbeda. Pada pihak pengelola museum juga memberikan fasilitas pengunjung, agar pengunjung datang ke Museum Mpu Tantular merasakan kenyaman dan betah saat berkunjung. Dalam tugas akhir ini penulis akan meneliti tentang Motivasi Pengunjung ke Museum Negeri Mpu Tantular Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Kualitatif yaitu dengan cara melakukan observasi dan wawancara terhadap obyek yang diteliti.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV. PW. 23 19 Sis m
Uncontrolled Keywords: Museum, Motivasi, Pengunjung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Hana Endrawati Siswanto, 151611413016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNur Emma Suriani, S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:59
Last Modified: 28 Jun 2019 04:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84318
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item