PERENCANAAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA PT SAMIKARYA DENGAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM

KURNIA WAHYU DARMAWAN, 081211633022 (2019) PERENCANAAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA PT SAMIKARYA DENGAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Samikarya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan properti. Perusahaan ini memiliki beberapa cluster atau proyek properti perumahan di beberapa wilayah, antara lain di daerah Jombang, Lamongan, dan Tulungagung. PT samikarya memiliki tiga bagian, yaitu bagian admin, inventory, dan bagian pembangunan. Ketiga bagian tersebut meiliki peran sendiri-sendiri sesuai dengan tugas dan wewenang masingmasing. Selain itu PT samikarya memiliki target jual yang harus diselesaikan pada waktu tertentu. Namun kondisi dilapangan saat ini berbeda sehingga penghambat dari target penyelesaian itu sendiri. Mulai dari proses pada bagian admin yang berisi dengan booking untuk kredit dan cash, proses transaksi bagian inventory yang belum sepenuhnya bahan baku termonitoring dengan baik, serta bagian pembangunan yang sering sekali mengalami kemunduruan bangunan, itu dikarenakan proses penyampian informasi dari bagian admin, inventory yang belum bias dilakukan secara maksimal. Dari permasalahan tersebut maka muncul gagasan untuk menerapkan perencanaan architecture dengan menggunakan metode TOGAF ADM pada PT Samikarya. TOGAF ADM mampu memberikan alur proses bisnis yang baik mulai dari data masuk sampai penyampaian dalam bentuk informasi untuk semua bagian. Pada metode ini memberikan pendekatan Prelimenry Phase, Architecture Vision, Bisnis Archtecture, Information System Architecture, technology Architecture, Opportunities and Solutions, Migration Planning. Dari proses tersebut maka penerapan perencanaa architecture dengan metode TOGAF ADM memebrikan gambaran sebuah solusi yang sesuai dengan kriterian yang dibutuhkan oleh PT Samikarya saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 16/19 Dar p
Uncontrolled Keywords: TOGAF ADM, Observasi , Program Studi S1 Sistem Informasi Universitas Airlangga, Peran Teknologi Informasi
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
KURNIA WAHYU DARMAWAN, 081211633022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTaufik, ST., M.Kom.UNSPECIFIED
Thesis advisorPurbandini, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 28 Jun 2019 09:11
Last Modified: 28 Jun 2019 09:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84364
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item