ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MEMILIKI KARTUPLUS PADA BNI CABANG SEMARANG

SUBOWO, 099712837M (2001) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MEMILIKI KARTUPLUS PADA BNI CABANG SEMARANG. Thesis thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text (ABSTRAK)
TE 77 - 01 Sub a abstrak.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
TE 77 - 01 Sub a daftar isi.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
TE 77 - 01 Sub a daftar pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TE 77 - 01 Sub a fulltext.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya menghimpun dana dari masyarakat perlu dilakukan secara aktif oleh pihak bank melalui pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan. Untuk dapat memberikan pelayanan yang baik, pihak bank harus mengetahui karakteristik dan keinginan masyarakat. Dengan demikian produk yang ditawarkan oleh pihak bank akan dapat diterima oleh calon nasabah. Produk yang memasyarakat baik dari segi nama maupun manfaat produk itu sendiri diharapkan akan membantu calon penabung untuk menetapkan keputusan menabung di suatu bank. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan menabung seseorang diantaranya produk tabungan yang menarik, adanya jaminan keamanan dana, lokasi bank yang strategis, harga yang bersaing, daya tarik promosi, fasilitas yang memadai, penampilan pegawai yang menarik dan proses pelayanan yang cepat dan menyenangkan. Masalah yang mungkin diungkap dalam penelitian ini adalah apakah faktor produk, keamanan dana, lokasi, harga, promosi, fasilitas, partisipan dan proses dapat mempeagaruhi keputusan nasabah memiliki kartuplus BNI Cabang Semarang Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidalrnya pengaruhh faktor produk, keamanan dana, lokasi, harga, promosi, fasilitas, partisipan dan proses terhadap keputusan nasabah memiliki kartuplus BNI Cabang Semarang. Populasi penelitian ini adalah penabung dan pemilik Taplus/ Kartuplus BNI Cabang Semarang. Ukuran sampel sebesar 100 orang dan pengambilan sampel menggmakan teknik non probabilitas dengan accidental and convenience sampling. Variabel penelitian mencakup produk (XI), keamanan daua (X2), lokasi (X3), harga (X4), promosi (XS), fasilitas (X6), partisipan (X?), proses (X8) dan keputusan menabung/ memiliki kartuplus (Y). Data dikumpulkan dengan angket dan wawancara untuk data primer dan dokumentasi untuk data sekunder. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor produk, keamanan dana, lokasi, harga, promosi, fasilitas, partisipan dan proses berpengaruh positif terhadap kepuasan menabung/ memiliki kartuplus BNI Cabang Semarang. Hasil perhitungan diperoleh F hitung 62,616 dan jauh lebih besar dibandingkan dengan F tabel (d.f 8/91) sebesar 2,03, dengan demikian hipotesis yang diajukan bahwa faktor-faktor produk, keamanan dana, lokasi, harga, promosi, fasilitas, partisipan dan proses mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memiliki kartuplus BNI Cabang Semarang diterima. Secara bersama-sama sumbangan variabel bebas produk, keamanan dana, lokasi, harga, promosi, fasilitas, partisipan dan proses terhadap variabel terikat keputusan nasabah memiliki kartuplus BNI Cabang, Semarang sebesar 83,28% sedangkan sisanya sebesar 16,72°% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Selain itu dari hasil perhitungan diketahui koefisien determinasi parsial variabel proses sebesar 11,46 % mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap keputusan memiliki tabungan/ kartuplus BNI Cabang Semarang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran khususnya kepada pihak manajemen BNI Cabang Semarang. Mengingat variabel proses mempunyai pengaruh paling signifikan namun dari segi persentase dipandang relatif masih kecil maka perlu kiranya dilakukan pembenahan pelayanan khususnya untuk menciptakan kecepatan dan ketertiban penanganan transaksi. Dari segi fasilitas perlu dipikirkan adanya tempat parkir yang memadai dan didukung dengan efektivitas pengaturannya. Selain itu perlu di tingkatkan lagi intensitas promosi khususnya melalui media eletronik. Dengan promosi yang menarik diharapkan dapat menjaring nasabah baru dan meyakinkan nasabah lama bahwa menabung di Taplus BNI aman dan menguntungkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 77/01 Sub a
Uncontrolled Keywords: nasabah, kartuplus
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
SUBOWO, 099712837MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Wahjoeni Astuti, Dra., Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:08
Last Modified: 01 Jul 2019 02:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84392
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item