PERAN DARI KETERLIBATAN MANAJEMEN DALAM INOVASI (TINJAUAN EMPIRIK PADA PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BIDANG IT DAN NON IT)

M. REZA PUTRA BAYU H., 041424353041 (2019) PERAN DARI KETERLIBATAN MANAJEMEN DALAM INOVASI (TINJAUAN EMPIRIK PADA PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BIDANG IT DAN NON IT). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
MM. 34-19 M.Re p Abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text (Daftar Isi)
MM. 34-19 M.Re p Daftar Isi.pdf

Download (71kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
MM. 34-19 M.Re p Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text (Fulltext)
MM. 34-19 M.Re p.pdf
Restricted to Registered users only until 1 July 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan ketat dalam suatu industri menuntut setiap perusahaan untuk mampu meningkatkan kapabilitasnya menjadi lebih inovatif demi menciptakan keunggulan-keunggulan yang kompetitif. Produk-produk yang tidak mengalami perkembangan akan berdampak terhadap kebosanan pada diri konsumen, sehingga konsumen dapat mencari alternatif produk baru yang sesuai dengan harapan mereka. Kunci utama keberhasilan industry leaders saat ini adalah inovasi. Keterlibatan manajemen memainkan peran penting dalam mendukung keberhasilan inovasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bukti empiris adanya pengaruh keterlibatan manajemen terhadap inovasi organisasi, inovasi teknis, dan inovasi pemasaran, serta mengetahui pengaruh inovasi organisasi terhadap inovasi teknis dan inovasi pemasaran pada dua perusahaan yang bergerak di bidang berbeda, yaitu bidang IT (Information Technology) dan non IT. Pada bidang IT, perusahaan yang dipilih adalah PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Witel Surabaya Selatan. Sedangkan pada bidang non IT, perusahaan yang dipilih adalah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Surabaya Pemuda. Kedua perusahaan tersebut dipilih karena berada dalam industri yang memiliki persaingan bisnis sangat ketat, begitu lekat dengan perkembangan teknologi dan fokus dalam melakukan inovasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif, menggunakan metode analisa statistik dengan sampel 80 orang karyawan PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk Witel Surabaya Selatan dan 60 orang karyawan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Surabaya Pemuda dengan perhitungan menggunakan PLS SEM WarpPLS 5.0. Hasil dari penelitian ini adalah keterlibatan manajemen berpengaruh signifikan terhadap inovasi organisasi pada perusahaan yang bergerak di bidang IT dan non IT. Tetapi keterlibatan manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap inovasi teknis pada perusahaan yang bergerak di bidang IT dan non IT. Keterlibatan manajemen berpengaruh signifikan terhadap inovasi pemasaran pada perusahaan yang bergerak di bidang IT, namun tidak berpengaruh signifikan pada perusahaan yang bergerak di bidang non IT. Kemudian inovasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap inovasi teknis pada perusahaan yang bergerak di bidang IT dan non IT. Dan yang terakhir, inovasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap inovasi pemasaran pada perusahaan yang bergerak di bidang IT, namun tidak berpengaruh signifikan pada perusahaan yang bergerak di bidang non IT.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 34-19 M.Re p
Uncontrolled Keywords: keterlibatan manajemen, inovasi organisasi, inovasi teknis, inovasi pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M. REZA PUTRA BAYU H., 041424353041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGancar Candra Premananto, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:53
Last Modified: 01 Jul 2019 04:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item