MAKNA PERNIKAHAN ENDOGAMI PADA KELUARGA MILITER (Studi Pada Anak di Rumdis TNI-AL Pulungan Kabupaten Sidoarjo)

Erda Wicahya Kirana, 071511433081 (2019) MAKNA PERNIKAHAN ENDOGAMI PADA KELUARGA MILITER (Studi Pada Anak di Rumdis TNI-AL Pulungan Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_Fis.S.29 19 Kir m.pdf

Download (300kB)
[img] Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI_Fis.S.29 19 Kir m.pdf

Download (403kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Fis.S.29 19 Kir m.pdf

Download (190kB)
[img] Text (Fulltext)
FULLTEXT_Fis.S.29 19 Kir m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Jurnal)
JURNAL_Fis.S.29 19 Kir m.pdf

Download (417kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini fenomena pernikahan endogami sudah jarang ditemui dalam masyarakat, khususnya pada masyarakat yang sudah modern. Pada era modernisasi seperti saat ini menyebabkan seseorang lebih bebas dalam memilih pasangannya, akan tetapi kalangan keluarga militer masih menganut pernikahan secara endogami atau atas dasar kesamaan kelompok. Untuk itu penelitian ini memfokuskan pembahasan tentang pemaknaan pernikahan endogami yang dilakukan oleh anak kalangan keluarga militer. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan paradigma definisi sosial. Dalam penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial Peter L Berger dan Thomas Luckman sebagai teori utama, dan teori pemilihan jodoh-teori homogami sebagai teori penunjang. Teknik pemilihan informan secara purposive atau berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) orang tua khususnya ayah sangat berperan penting dalam memberikan tekanan kepada anak untuk melakukan pernikahan endogami. Tekanan yang diberikan disebabkan oleh faktor sosial-ekonomi (2) anak perempuan cenderung lebih mendapatkan tekanan untuk melakukan pernikahan endogami, sedangkan laki-laki dibebaskan untuk memilih pasangannya sendiri. (3) anak perempuan yang sudah menikah memaknai pernikahan endogami sebagai upaya untuk mempertahankan status sosial yang dimiliki oleh keluarga, untuk meneruskan generasi orang tua, serta upaya untuk menutupi “aib” keluarga agar tetap mendapatkan pandangan atau penilaian yang baik dari orang lain. Selain itu anak perempuan yang belum menikah menganggap bahwa penikahan endogami merupakan suatu ketidakadilan bagi anak perempuan. Sedangkan pada anak laki-laki baik yang sudah menikah ataupun belum menikah, menganggap bahwa pernikahan endogami sama seperti pernikahan yang lainnya sehingga tidak memiliki keistimewaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.29 19 Kir m
Uncontrolled Keywords: Pernikahan, Endogami, Keluarga Militer
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Erda Wicahya Kirana, 071511433081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Mas’udah, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Jul 2019 05:28
Last Modified: 02 Jul 2019 05:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84446
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item