REMISI DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA TERPADU DALAM PERSPEKTIF KEPASTIAN HUKUM, KEADILAN DAN KEMANFAATAN

HERY SUPRIYONO, 031327017311 (2019) REMISI DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA TERPADU DALAM PERSPEKTIF KEPASTIAN HUKUM, KEADILAN DAN KEMANFAATAN. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Dis. H. 20-19 Sup r Abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text (Daftar Bacaan)
Dis. H. 20-19 Sup r Daftar Bacaan.pdf

Download (47kB)
[img] Text (Daftar Isi)
Dis. H. 20-19 Sup r Daftar Isi.pdf

Download (58kB)
[img] Text (Fulltext)
Dis. H. 20-19 Sup r.pdf
Restricted to Registered users only until 9 July 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian disertasi ini membahas, pertama, Apakah filosofi dan tujuan pemberian remisi telah sesuai dengan prinsip-prinsip tujuan penegakan hukum pidana di Indonesia, kedua, pembaharuan pengaturan remisi yang ideal terhadap pelaksanaan putusan pemidanaan di Indonesia dalam konteks penegakan hukum pidana di masa yang akan datang. Penelitian ini dilandasi ide sehubungan dengan realitas eksistensi putusan hakim sebagai implementasi asas kekuasaan kehakiman yang merdeka berdasarkan konstitusi dalam UUD NRI 1945 dan Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, pada kenyataannya putusan pemidanaan oleh hakim sebagian besar tidak dilaksanakan sebagaimana amar putusan. Fakta tersebut terkait pemberian remisi oleh pemerintah dalam hal ini Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang diberikan berkali-kali dengan berbagai jenis dan besarannya semakin menjauhkan dari kepastian hukum, keadilan dan kemanfaatan sebagaimana tujuan hukum dan tujuan penegakan hukumnya. Berkaitan dengan pemberian remisi terhadap narapidana dan anak pidana, secara khusus diatur kedudukan Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) Pusat yang bertugas memberikan saran dan pertimbangan pengamatan kepada Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Pada praktiknya, Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) sangat minim melaksanakan tugasnya dalam mempersiapkan program pembinaan. Disamping itu, fungsi Hakim Pengawas dan Pengamat, terhadap pengawasan pelaksanaan putusan pemidanaan juga seolah-olah disimpangi dan tidak diperhatikan. Oleh karena itu perlu ada reformulsi ketentuan pemberian remisi di Indenesia.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. H. 20-19 Sup r
Uncontrolled Keywords: Putusan Pengadilan, Hakim Pengawas Pengamat, Remisi
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Doktoral Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
HERY SUPRIYONO, 031327017311UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jul 2019 09:22
Last Modified: 09 Jul 2019 09:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item