GAMBARAN BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PENGGUNAAN HIDRAN PADA TENAGA KERJA AREA BOILER DI PT PJB UBJ O&M PLTU REMBANG

ALVIAN DICKY IRAWAN, 151611713001 (2019) GAMBARAN BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PENGGUNAAN HIDRAN PADA TENAGA KERJA AREA BOILER DI PT PJB UBJ O&M PLTU REMBANG. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.HKK. 22- 19 Ira g Abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text (Daftar Isi)
FV.HKK. 22- 19 Ira g Daftar Isi.pdf

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FV.HKK. 22- 19 Ira g Daftar Pustaka.pdf

Download (44kB)
[img] Text (Fulltext)
FV.HKK. 22- 19 Ira g.pdf
Restricted to Registered users only until 10 July 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hidran merupakan sarana proteksi kebakaran untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Penggunaan hidran yang baik dan benar didukung dengan pengetahuan yang dimiliki oleh tenaga kerja, sehingga dapat memaksimalkan upaya penanggulangan kebakaran. Faktor yang mempengaruhi pengetahuan tenaga kerja diantaranya usia, masa kerja, tingkat pendidikan dan pernah tidaknya mengikuti pelatihan mengenai penggunaan hidran. Tujuan utama penelitian ini adalah mempelajari gambaran beberapa faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan mengenai penggunaan hidran pada tenaga kerja area boiler (operator boiler) di PT PJB UBJ O&M PLTU Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan observasional. Data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Instrumen penelitian berupa panduan wawancara dan lembar observasi di tempat kerja. Subyek penelitian ini adalah seluruh pekerja operator boiler (N=39). Variabel penelitian antara lain usia, masa kerja, tingkat pendidikan, pelatihan, dan tingkat pengetahuan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan analisis crosstabs untuk mengetahui kuat hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berusia 22-31 tahun (74,4%), memiliki masa kerja 1-10 tahun (89,7%), dengan tingkat pendidikan lulusan SMA/SMK (48,7%), dan pernah mengikuti pelatihan (82,1%) dengan jumlah pelatihan yang diikuti minimal 2 kali (56,3%). Responden dengan pengetahuan sedang memiliki persentase sebesar 56,4%. Hasil analisis statistik menunjukkan ada hubungan yang sedang antara pengetahuan penggunaan hidran dengan usia (CC=0,372), masa kerja (CC=0,359), dan jumlah pelatihan (CC=0,436). Sedangkan variabel pendidikan dan pelatihan tidak ada hubungan yang bermakna dengan pengetahuan penggunaan hidran. Semakin tua usia tenaga kerja, lamanya masa kerja, dan seringnya mengikuti pelatihan maka pengetahuan semakin meningkat. Manajemen disarankan memberikan pelatihan penyegaran mengenai hidran dengan materi yang sesuai untuk mengingatkan kembali dan meningkatkan pengetahuan pekerja mengenai penggunaan hidran saat proses pemadaman api.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK. 22- 19 Ira g
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, hidran, penggunaan hidran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
ALVIAN DICKY IRAWAN, 151611713001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 10 Jul 2019 05:24
Last Modified: 10 Jul 2019 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84810
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item