PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE LATIHAN SIAP (DRILL) TERHADAP PERILAKU PENANGANAN CEDERA OLAHRAGA PADA ATLET BELADIRI UKM UNIVERSITAS AIRLANGGA

NUZULIA AZIZI ISLAMIA, 131411133005 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE LATIHAN SIAP (DRILL) TERHADAP PERILAKU PENANGANAN CEDERA OLAHRAGA PADA ATLET BELADIRI UKM UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (96kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (63kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (100kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Cedera olahraga perlu dilakukan penanganan yang benar agar dapat meminimalkan tingkat keparahan. Dampak negatif dari penanganan cedera olahraga yang salah atau tidak tepat akan berefek pada lamanya proses penyembuhan cedera tersebut dan menghambat atlet untuk berprestasi. Pendidikan kesehatan penanganan cedera olahraga perlu dilakukan kepada atlet beladiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode latihan siap / drill terhadap perilaku penanganan cedera olahraga atlet beladiri di Unit Kegiatan Mahasiswa universitas Airlangga. Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasy Eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah atlet beladiri UKM Universitas Airlangga Surabaya. Sampel penelitian ini adalah 46 responden dengan teknik purposive samplingl. Variabel independen penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan metode latihan siap (drill) dan dependennya adalah perilaku penanganan cedera olahraga pada atlet beladiri. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan lembar observasi dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon Matched-Pair Sign Rank Test, Chi-square Correlation dan Mann Whitney U test dengan tingkat kemaknaan α ≤ 0,05. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,010), tindakan (p=0,000). Diskusi : Penelitian ini menunjukkan pendidikan kesehatan memiliki pengaruh terhadap peningkatan perilaku penanganan cedera olahraga pada atlet beladiri UKM UNAIR. Penelitian selanjutnya diharapkan mengembangkan metode lain untuk melakukan pendidikan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 65/19 Isi p
Uncontrolled Keywords: Athlete, Behaviour, Martial Art, Sports Injury
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD92-97.8 Emergency surgery. Wounds and injuries
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NUZULIA AZIZI ISLAMIA, 131411133005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna dwi Wahyuni, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:01
Last Modified: 10 Jul 2019 07:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84823
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item