PENGARUH FAKTOR-FAKTOR ELEKTRONIK PERBANKAN TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN MANDIRI BANK OLEH NASABAH BANK MANDIRI DI SURABAYA

AGUNG GALUNGGUNG, 040237629 (2005) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR ELEKTRONIK PERBANKAN TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN MANDIRI BANK OLEH NASABAH BANK MANDIRI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-galunggung-5879-b16105-k.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-galunggung-5879-b16105-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang sifatnya positif dari faktor-faktor elektronik perbankan terhadap penggunaan layanan mandiri bank Bank Mandiri di Surabaya. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna layanan mandiri bank Bank Mandiri di Surabaya. Variabel faktor-faktor elektronik perbankan terdiri dari enam variabel, yaitu: 1) Kemudahan operasional, 2) Biaya penyediaan fasilitas layanan elektronik perbankan yang dikeluarkan oleh nasabah, 3) Kecepatan proses transaksi, 4) Kelengkapan produk jasa dan layanan tambahan bank, 5) Jaminan keamanan, 6) Fleksibilitas nasabah. Untuk variabel penggunaan layanan mandiri bank dilihat dari penggunan layanan mandiri bank oleh nasabah Bank Mandiri dalam melakukan transaksi perbankan yang tersedia pada elektronikperbankan. Model analisis yang digunakan sebagai kerangka berpikir dalam penelitian ini, mengacu pada Katri karem (2003), yaitu faktor-faktor elektronik perbankan dapat mempengaruhi nasabah dalam menggunakan layanan mandiri bank Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan uji F dan uji t, yang disertai dengan dua asumsi klasik regresi: 1) Homo kedasitas, 2) Multikolinearitas. Untuk menguji validitas dan reliabilitas basil kuesioner, digunakan alat ukur pearson 's product moment correlation dan cronbach alpha. Nilai kritis yang diperoleh adalah sebesar 0,18892 dengan tingkat signifikan 5% dan derajat kebebasan 108. Semua variabel dalam penelitian ini dinyatakan valid, karena lebih besar dari 0,18892. Nilai a semua variabel yang didapat > 0,6 berarti reliabel. Simpulan yang diperoleh berdasarkan basil analisis adalah: 1) keenam variabel faktor-faktor elektronik perbankan secara bersama-sarna memberikan pengaruh yang bermakna terhadap penggunaan layanan mandiri bank oleh nasabah Bank Mandiri di Surabaya. Perolehan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,536 memberi arti bahwa keenam variabel tersebut memiliki pengaruh sebesar 53,6% terhadap penggunaan layanan mandiri bank oleh nasabah Bank Mandiri di Surabaya. Nilai 19,838 lebih besar dari F,obe, 2,429 pada tingkat signifikan 0,001 (p<0,05) menunjukkan bahwa Ho ditolak; 2) Variabel kemudahan operasional (XI) secara parsial memiliki pengaruh dominan terhadap penggunaan layanan mandiri bank oleh nasabah Bank Mandiri di Surabaya, karena meiliki nilai beta sebesar 0,266 merupakan nilai beta tertinggi jika dibandingkan dengan variabel-variabel lainnva. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kelengkapan produk jasa dan layanan tambahan bank tidak mempunyai pengaruh secara signifikan karena mempunyai nilai th„mng 0,01633 < t,onP, (1,99167) dengan tingkat signifikan 0,833 (p>0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 161/05 Gal p
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
AGUNG GALUNGGUNG, 040237629UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorProf. Dr. H. Effendie, SEUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Jan 2008 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8487
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item